Sekda Nuryakin: Mari Kita Menghargai dan Mencintai Produk Inovasi Pelajar Kalteng

Sekda Nuryakin: Mari Kita Menghargai dan Mencintai Produk Inovasi Pelajar Kalteng

SEKDA Nuryakin saat mengunjungi stand pameran produk dan gerai UMK pada Pentas Prestasi Pelajar dan Guru Tahun 2023.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pendidikan menyelenggarakan Pestas Prestasi Pelajar dan Guru, dan dirangkaikan dengan pameran produk dan gerai UMK yang menampilkan inovasi seluruh SMA/SMK dan SLB se Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kegiatan yang terpusat di di halaman Dinas Pendidikan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng, Nuryakin, Jumat (24/11/2023).

Nuryakin mengatakan, melalui kegiatan dengan menampilkan inovasi dan kreatifitas yang dipamerkan, banyak hal yang bisa dipelajari dan inovasi-inovasi yang ditemukan, seperti banyaknya bahan olahan, baik itu makanan, pakaian, seni ukir, robot dan lain sebagainya.

"Kita melihat inovasi ini sudah mengarah ke digital, tetapi perlu adanya bimbingan terus sehingga hasilnya akan lebih baik lagi, dan selanjutnya adalah bagaimana siswa itu bisa menterjemahkan kegiatan pendidikan selama di sekolah dengan dunia kerja," ungkapnya.

Diterangkannya, hasil dari inovasi dan kreatifitas pelajar-pelajar ini sudah baik, dan jika dipasarkan tentunya akan membuat ekonomi bergerak dan juga ada lapangan kerja, dan diharapkan semoga ke depannya bisa lebih bagus lagi.

"Pada kesempatan ini saya mengajak untuk menghargai dan mencintai produk hasil inovasi pelajar ini sekaligus menggerakkan perekonomian di Kalimantan Tengah," tukasnya.

Sementaravitu Plt Kepala Disdik Provinsi Kalteng Eka Aprilianty menjelaskan, untuk pelajar SMA sudah melakukan kegiatan profil penguatan pelajar Pancasila, dan untuk SMK membuat karya dan inovasi sesuai bidang keahliannya masing-masing, seperti alat pengupas durian, motor listrik, sepeda listrik, produk makanan dan lain-lain.

"Kita juga sudah berkolaborasi dengan Koperasi dan UMKM Provinsi Kalimantan Tengah untuk memberikan sosialisasi bagaimana packing yang baik dan menarik yang tentunya bisa diterima oleh masyarakat," urainya.

Ia berharap, dengan adanya output yang sudah ada dan dari beberapa inovasi yang sederhana tersebut bisa terus dikembangkankan sehingga bisa lebih kompleks lagi, karena teknologi terus berkembang dan harus cepat beradaptasi dengan teknologi.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama