Seluruh Desa di Barsel Miliki Potensi untuk Terus Dikembangkan

Seluruh Desa di Barsel Miliki Potensi untuk Terus Dikembangkan

BUNTOK – Kalangan anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) mengajak aparatur pengelola desa lebih kreatif dalam memanfaatkan anggaran untuk pembangunan desa dari tahun ke tahun.

Bahkan seluruh desa di Kabupaten Barsel disebut memiliki potensi untuk terus dikembangkan. 

"Hanya saja tinggal bagaimana menjalankan sistem pengelolaan dan tertib administrasi supaya lebih baik ke depannya," terang Anggota DPRD Barsel, Ani Mahrita, Kamis (2/11/2023).

Menurut wakil dari partai Golkar ini, pengelolaan jangan hanya bergantung pada ketersediaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Namun, lanjutnya, juga memanfaatkan peluang lain, seperti pengoptimalan potensi sumber daya alam sebagai pendapatan asli desa, hingga peningkatan sumber daya manusia (SDA) di dalamnya.

Dikatakannya, kendala dalam pengoptimalan potensi desa adalah pada kurangnya pengetahuan aparatur desa mengenai pasal dan aturan yang memuat tentang hak dan kewajiban mereka.

"Terkait undang-undang (UU) yang telah disosialisasikan, diharapkan menjadi titik cerah bagi aparatur desa, sebagai pedoman terjaminnya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa yang terarah, profesional dan berkesinambungan," pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama