Tingkatkan Potensi PAD, Bapenda Kalteng Gelar Soft Launching E-Pahari

Tingkatkan Potensi PAD, Bapenda Kalteng Gelar Soft Launching E-Pahari

PENYERAHAN Bantuan CSR Mesin E-Pahari.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Untuk meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) bersama Bank Kalteng, PT Jasa Raharja, dan Dirlantas Polda setempat menggelar Soft Launching dan Uji Coba Aplikasi E-Pahari (Elektronik pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan Pengesahan STNK Secara Mandiri), berlangsung di Aula Kantor Pusat Bank Kalteng, Senin (27/11/2023).

Kepala Bapenda Provinsi Kalteng, Anang Dirjo menyampaikan bahwa tujuan utama E-Pahari adalah untuk menggali potensi PAD yang pada akhirnya akan meningkatkan PAD Kalteng melalui aplikasi E-Pahari.

Nantinya, urainya, akan dicantumkan barcode pada setiap lembar SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah), jadi dapat diketahui jika ada pemalsuan pada STNK. 

"Saya mengharapkan kerja sama semua pihak terkait untuk memberikan layanan pada masyarakat sebaik mungkin dan semaksimal mungkin," ungkapnya.

Lanjut disampaikan, terinspirasi dari kaji banding yang dilakukan di Yogyakarta belum lama ini sehingga Kalteng membuat inovasi E-Pahari untuk memberikan pelayanan secara mandiri dalam rangka menyadarkan masyarakat untuk melakukan kewajiban membayar pajak.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Jasa Raharja Provinsi Kalteng Iman Raharja Yusuf menyambut baik dan mengapresiasi adanya pelayanan E-Pahari. 

"Aplikasi E-Pahari ini selain akan memudahkan bagi masyarakat, tentunya juga dapat mendorong peningkatan PAD," bebernya.

Kemudian, Plt Direktur Utama PT Bank Kalteng Marzuki mengungkapkan bahwa dengan adanya E-Pahari diharapkan dapat lebih memudahkan bagi masyarakat yang melakukan aktifitasnya di Kalteng. 

"Dengan adanya E-Pahari ini mudah-mudahan sinergisitas pelayanan kita semakin membaik, sehingga memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Tujuannya adalah untuk lebih mempermudah masyarakat pada pelayanan,” pungkasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama