Tingkatkan Skill, Pemprov Kalsel Gelar Bimtek Barista di Kotabaru

Tingkatkan Skill, Pemprov Kalsel Gelar Bimtek Barista di Kotabaru

KOTABARU - Pemprov Kalimantan Selatan melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Kotabaru menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) berbasis pengetahuan dan pengolahan kopi (Barista) untuk pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kalimantan Selatan tahun 2023, di Grand Surya Hotel, Kamis (9/11/2023).

Kasi Pengembangan SDM dan Perkembangan Ekonomi Kreatif Provinsi Kalsel, Andriyadi tampak hadir bersama Kabid Pertunjukan Event Pariwisata Ekonomi Kreatif, Rudi Nugraha. 

Kegiatan ini berkolaborasi dengan PT. Arutmin Nplct Kotabaru, tepatnya dalam memfasilitasi pengembangan kompetensi SDM dan ekonomi kreatif bagi pelaku UMKM yang ada di  Kotabaru.

"Sebanyak 40 peserta yang mengikuti kegiatan ini, di antaranya siswa SMKN 1 Kotabaru, para Barista Binaan PT. Arutmin dan Barista umum," ucap Rudi.

Bimtek ini merupakan peluang baru untuk bisa memberikan wawasan tambahan, baik yang sudah berkecimpung di dunia kopi atau Barista.

"Kita bisa menstimulasi teman-teman untuk bisa membuka peluang usaha di bidang perkopian dengan mendatangkan Narasumber yang merupakan Barista profesional dari Banjarmasin," jelasnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, juga sektor ekonomi kreatif, sekaligus perencanaan pengembangan pembuatan lahan kopi dan coklat untuk produk lokal untuk bisa ditumbuh kembangkan di Kotabaru.

Senada, Kasi Pengembangan SDM dan Perkembangan Ekonomi Kreatif Provinsi Kalsel Andriyadi menyampaikan, tujuan pelatihan bagi para pelaku ekonomi kreatif dalam hal ini sektor kuliner khusus bagi para Barista

Ia berharap dapat menimbulkan kualitas dan kemampuan dalam pengolahan kopi tersebut, dan diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan skil bagi mereka bagaimana cara mengolah kopi dengan baik, dan mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini pendapatan mereka menjadi lebih meningkat.

Salah satu peserta Bimtek yang juga merupakan binaan PT Arutmin Nplct Kotabaru, Yordan Erwan mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menunjang SDM yang ada di Kotabaru, dan dapat mengembangkan trobosan-trobosan pengetahuan tentang pembuatan kopi tersebut.

"Ia juga menyampaikan ada 2 jenis kopi yang dipelajari dalam bimtek tersebut diantaranya kopi Arabika dan robusta," katanya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama