Bersama Rombongan, Ini Tujuan Pj Bupati Pulang Pisau Kunker ke Sumedang

Bersama Rombongan, Ini Tujuan Pj Bupati Pulang Pisau Kunker ke Sumedang

PULANG PISAU - Pj Bupati Pulang Pisau, Hj Nunu Andriani didampingi Sekda Tony Harisinta beserta sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab Pulang Pisau melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Pemkab Sumedang, Jawa Barat, Senin 18 Desember 2023 kemarin.

Kunker bersama rombongan itu, pihaknya disambut langsung Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman di ruang kerja bupati daerah setempat.

Kepada awak media, Selasa (19/12/2023), Pj Bupati Pulang Pisau menyebut bahwa maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut dalam rangka  melaksanakan Studi Tiru terkait dengan  penyelenggaraan, pemerintahan, pembangunan, dan pengembangan potensi daerah di Kabupaten Sumedang

Dikatakan, Studi Tiru ke Pemkab Sumedang kemarin dirangkai dengan penandatanganan kerjasama pembangunan sistem pemerintahan berbasis elektronik atau SPBE, serta penandatanganan NPHD dan PKS antara Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sumedang Bambang Rianto dengan Kadis Kominfo Kabupaten Pulang Pisau Moh Insyafi disaksikan Bapak Sekda Pulpis dan Asisten Administrasi Umum Pemkab Sumedang.

"Ini dilaksanakan sebagai upaya pengembangan sistem pemerintahan Kabupaten Pulang Pisau berbasis elektronik kedepannya," ujar Pj Bupati Pulang Pisau.

Dari kunker ini, tambah Nunu, SPBE sendiri merupakan perwujudan dari pemerintahan yang terbuka serta sebagai peningkatan kolaborasi antar sesama instansi daerah yang ada di Kabupaten Pulang Pisau. 

"Banyak ilmu yang kami dapatkan dari obrolan dengan Bapak Pj Bupati Sumedang. Kami termotivasi, Pulang Pisau bisa lebih maju dan naik kelas. Kami atas nama Pemkab Pulang Pisau merasa bersyukur bisa datang ke Pemkab Sumedang dan diterima dengan sangat baik oleh Bapak Pj Bupati Sumedang beserta jajarannya," ucap Hj Nunu.

"Jadi SPBE ini merupakan peluang untuk mendorong dan juga mewujudkan penyelenggaraan Pemerintahan yang lebih terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel, serta untuk meningkatkan kolaborasi antar sesama Instansi dalam mewujudkan tujuan bersama," jelasnya.

Sementara, Pj Bupati Sumedang Herman mengaku merasa bahagia atas kunjungan rombongan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau ke Sumedang. 

"Kami bahagia bisa berbagi, Karena NKRI ini akan maju kalau semuanya bahu membahu, daerah saling membantu satu dengan yang lainnya,” ujarnya singkat.

Perlu diketahui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang biasa disebut dengan e-government adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada instansi pemerintah, aparatur sipil negara, pelaku bisnis, masyarakat, dan pihak-pihak lainnya.[rilis/manan]

Lebih baru Lebih lama