Buka Jambore UMKM Wilayah Timur Tahun 2023, Wagub Kalteng Sampaikan Ini

Buka Jambore UMKM Wilayah Timur Tahun 2023, Wagub Kalteng Sampaikan Ini

WAKIL Gubernur Kalteng Edy Pratowo.| foto : istimewa

BUNTOK - Wakil Gubernur Edy Pratowo membuka secara resmi Jambore UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Wilayah Timur Provinsi
Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2023, berlangsung di GPU Jaro Pirarahan Kota Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Sabtu (9/12/2023).

Wagub Edy menyampaikan, Jambore UMKM ini merupakan salah satu upaya Pemprov Kalteng untuk mempertemukan antar pelaku usaha, pembina, lembaga keuangan, praktisi, dan stakeholders lainnya, untuk meningkatkan daya saing produk UMKM, dan mengembangkan sistem jaringan usaha bagi produk UMKM unggulan melalui fasilitas kemitraan agar pemasarannya makin luas.

"Pemberdayaan sebanyak 121.458 UMKM di Provinsi Kalimantan Tengah, tentunya memerlukan kontribusi sinergis dari berbagai lembaga, seperti BUMN, perbankan, biro/agen jasa, dan lain-lain," tuturnya.

Sinergi antar lembaga ini, diharapkan akan menuntun pemberdayaan UMKM, untuk membawa kebermanfaatan yang lebih luas dan memberikan multiplier effect untuk mendukung UMKM naik kelas dan go digital. Dengan terselenggaranya kegiatan ini kita harapkan dapat membantu para pelaku UMKM. Bukan hanya sebagai upaya promosi saja, namun juga memperluas kemitraan jaringan usaha.

"Saya berharap, ke depan UMKM dengan berbagai produk unggulannya dapat semakin berkontribusi positif dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan, khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah. Dibarengi kerja sama dan sinergi lintas sektor, ekonomi daerah akan terus menguat dan masyarakat makin sejahtera, sehingga kita mampu membangun masyarakat yang Maju, Mandiri dan Adil menuju Kalteng Makin Berkah," pungkasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan mengatakan bahwa keseluruhan UMKM ini bergerak di berbagai sektor yang menunjang perekonomian masyarakat. 

Selain pemberdayaan UMKM, Pemkab Barsel juga memberdayakan sektor-sektor yang menjadi potensi di Kabupaten Barito Selatan salah satunya sektor pertanian.

"Selain kita memberdayakan sektor perekonomian, UMKM, kita juga sudah meningkatkan kapasitas SDM di Barito Selatan," tandasnya.[adv]
Lebih baru Lebih lama