Desanya Dikunjungi Pj Bupati Pulang Pisau, Kades Gohong Ucapkan Terima Kasih

Desanya Dikunjungi Pj Bupati Pulang Pisau, Kades Gohong Ucapkan Terima Kasih

PULANG PISAU - Kepala Desa (Kades) Gohong, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), Epansyah Rulhadi, mengapresiasi atas kunjungan yang dilakukan Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani bersama rombongan pada Sabtu 30 Desember 2023 kemarin.

Kunjungan Nunu sapaan akrab Pj Bupati Pulang Pisau ini dalam rangka memantau perkembangan dan penanganan serta pencegahan kasus Stunting di desa tersebut.

"Atas nama Pemdes Gohong mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Ibu Pj Pulpis beserta rombongan yang telah mengunjungi desa  kami ini. Untuk diketahui di wilayah Desa Gohong resiko Stunting sebelumnya ada 8 dan ada penurunan 2 kasus, sehingga saat ini masih tersisa 6 kasus," kata Epan sapaan akrab Kades Gohong saat dikonfirmasi awak media. 

Ia mengungkapkan, pihaknya dalam penanganan stunting ini akan memberikan pelayanan pencegahan, dengan terus mengaktifkan peran posyandu di desa setempat.

"Ke depan juga akan ada kerjasama dengan pihak Puskesmas Bereng untuk melatih para kader Posyandu Mawar, diantaranya terkait penanganan gizi bayi dan balita," ujar Epan.

Tak sampai disitu, lanjutnya, pihak desa kembali membangun sanitasi untuk balita, dan saat ini sudah ada 3 sanitasi yang layak bagi mereka yang Stunting.

"Juga upaya pencegahan Stunting lainnya kita pihak desa ada penanganan untuk ibu hamil dengan memberikan asupan gizi seimbang, diantaranya memberikan susu khusus ibu hamil, buah-buahan, vitamin dan selalu memberikan edukasi ke mereka agar tidak terjadi Stunting," sebutnya.

Selain itu pula, Epan berharap potensi yang ada di wilayah desa yang ia pimpin terus dapat diperhatikan, karena Desa Gohong sendiri banyak memiliki potensi yang patuh didukung sehingga berkembang, seperti adanya budidaya ikan, budidaya madu kelulut, budidaya jamur tiram, pengolahan atau penyulingan minyak Atsiri,  wisata susur sungai dan kerajinan anyaman rotan.

"Potensi itu yang kami harapkan agar Oe.kab setempat terus memberikan dukungan untuk terus dikembangkan. Khusus bantuan alat timbangan dan pengukur tinggi badan digital yang diserahkan langsung Ibu Pj Bupati tentu sangat membantu untuk melihat tumbuh kembang bayi, balita untuk pencegahan stunting, karena bisa dilihat dari  berat badannya," pungkasnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama