HIPMI Ingin Pelaku UMKM di Kabupaten Kapuas Lebih Maju dan Diberdayakan

HIPMI Ingin Pelaku UMKM di Kabupaten Kapuas Lebih Maju dan Diberdayakan

SEKRETARIS HIPMI Kalteng, Muhammad Alfian Mawardi didampingi Ketua HIPMI Kabupaten Kapuas, Tommy Saputra.| foto : zulkifli 

KUALA KAPUAS - Pengembangan kewirausahaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kapuas, ke depan diharapkan bisa lebih maju serta para pelaku UMKM terus dapat diberdayakan, sehingga dapat mendukung program pemerintah mengurangi angka pengangguran sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi.

Harapan ini disampaikan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kalteng, Deden Agustiar Sabran melalui Sekretarisnya Muhammad Alfian Mawardi, usai acara Temu Pelaku UMKM, Rabu (20/12/2023) di Ballroom Permata Inn.

"Temu pelaku UMKM ini menyebarkan kegiatan-kegiatan yang kita kolaborasikan dengan HIPMI Kalimantan Tengah," kata Alfian didampingi Ketua HIPMI Kapuas, Tommy Saputra.

"Contohnya tadi ada bantuan Jambore UMKM, bantuan dari Dinas Koperasi dan program kredit  Kalteng Berkah. Nah itu kita sampaikan kita di sini," imbuh Alfian Mawardi.

Lebih lanjut, ia mengharapkan dengan kegiatan tersebut bisa menjadi motivasi dan dorongan bagi pelaku UMKM agar bisa lebih maju dan mandiri.

"Harapannya UMKM kita maju khususnya ulun (saya) sebagai orang Kapuas bisa membuka lapangan kerja bagi anak-anak muda di Kabupaten Kapuas," ungkap Alfian Mawardi.

Sementara itu, dalam kegiatan itu sebelummya diketahui juga  masalah permodalan bagi UMKM menjadi salah satu kendala  mereka untuk berkembang.

Oleh karena itu HIPMI  mendorong pelaku UMKM di Kapuas dapat difasilitasi. Bagaimana mereka bisa memperoleh informasi terkait permodalan dan pembiayaan usaha lewat lembaga keuangan.

Selain itu, melalui kegiatan ini juga diharapkan terciptanya sinergitas dan kemitraan UMKM dengan lembaga pembiayaan secara berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan daya saing bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama