Kabag Hukum Setda Tanah Bumbu Lakukan Aksi Perubahan Si Huber

Kabag Hukum Setda Tanah Bumbu Lakukan Aksi Perubahan Si Huber


BATULICIN — Dalam rangka pengembangan pelayanan hukum  di sektor publik, maka Bagian Hukum Setda Kabupaten Tanah Bumbu yang kepalai Nani Arianti melakukan aksi perubahan yang diberi nama Si Huber. 

Ketika berkunjung ke Kantor Radio Swara Bersujud, Rabu (6/12/2023), disampaikan Sistem Informasi Hukum Bersujud (Si Huber) adalah sistem informasi yang diciptakan untuk memudahkan masyarakat dan instansi terkait untuk mengakses informasi hukum di website sihuber.tanahbumbukab.go.id. 

Terlebih, Bagian Hukum memiliki program bantuan hukum untuk melayani dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terlibat kasus hukum namun membutuhkan biaya. 

Si Huber ini menjadi salah satu strategi untuk peningkatan akselerasi reformasi hukum yang dituangkan dalam suatu pembangunan hukum berupa sebuah sarana yang bertujuan  mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya pemahaman mengenai hukum.

Selain itu, Si Huber digunakan untuk penyebarluasan informasii produk hukum secara online. Produk hukum ini memiliki tiga bagian, diantaranya Bagian Perundang-undangan berupa pelayanan pembuatan Perda, Perbup dan SK  dengan menggunakan  sistem papper less  dan  fasilitasi  dilakukan  secara  online.

Selanjutnya, Bagian  Bantuan  Hukum yakni pelayanan  kepada  Stekholder di bidang  hukum daerah  kabupaten Tanah  Bumbu. Dan yang  paling  menarik  pada  Bidang  Bantuan  Hukum  terdapat  program  pemberian  Bantuan  Hukum gratis untuk masyarakat  yang sedang  tersadung  permasalahan hukum  namun   dengan  syarat  dan  ketentuan   yang  telah  di  tentukan. 

Terakhir, dokumentasi  dan  informasi  hukum,  di bidang  ini  terdapat  Informasi  peraturan  Perundang  undangan  dan  bahan  dokumentasi hukum lainnya   yang  sifatnya  dapat  diakses  o seluruh lapisan  masyarakat. 

Serta  pelaksananan sosialisasi  pengenalan  produk  hukum  kepada  masyarakat, agar yang mereka butuhkan dapat diperoleh secara mudah, cepat, tepat dan akurat dalam  rangka menunjang  tugas  pemerintahan  Sekretariat  Kabupaten Tanah  Bumbu.[ade]

Lebih baru Lebih lama