Legislator Kapuas Ingin Pembangunan Rumah Sakit di Pujon Selesai Tepat Waktu segera Fungsional

Legislator Kapuas Ingin Pembangunan Rumah Sakit di Pujon Selesai Tepat Waktu segera Fungsional

ANGGOTA DPRD Kapuas Didi Hartoyo, SHut.| foto : zulkifli 

KUALA KAPUAS - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Didi Hartoyo SHut mengatakan, akses dan fasilitas  kesehatan yang memadai masih menjadi dambaan masyarakat di wilayah hulu Kabupaten Kapuas. Untuk itu, wakil rakyat dari PDI Perjuangan ini ingin agar pembangunan rumah sakit (RS) Pratama di Ibukota Kecamatan Kapuas Tengah, Pujon dapat terselesaikan tepat waktu.

"Terutama di daerah hulu, pelayanan  kesehatan berupa rumah sakit sangat dibutuhkan. Otomatis ketika rumah sakit ini statusnya ada layanan kesehatan pasti meningkat," kata Didi Hartoyo, Selasa (12/12/2023).

Wakil rakyat di DPRD Kapuas dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas III meliputi Kecamatan Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Timpah, Mandau Talawang dan Pasak Talawang, ini menuturkan kehadiran rumah sakit sudah dinanti-nanti warga disana yang jauh dari pelayanan rumah sakit milik pemerintah.

"Salah satu contoh kalau di Puskesmas Alkesnya terbatas itu kan salah satu bagian untuk melayani masyarakat kita yang ada di sana," imbuh Didi.

Dijelaskannya, selama ini warga setempat jika ada yang sakit dan mau berobat untuk dirujuk mereka diharuskan pergi ke Ibu kota provinsi di Kota Palangkaraya atau atau di ibu kota kabupaten, Kuala Kapuas dengan jarak tempuh yang jauh dan juga mengeluarkan biaya yang banyak, sehingga membuat masyarakat sangat kesulitan dan terbebani.

"Selama ini terkendala, selama ini kalau ada warga kita yang sakit harus di rujuk ke rumah sakit di Palangkaraya atau ke rumah sakit di Kapuas," kata Didi.

Dilanjutkannya, pembangunan rumah sakit di Pujon diharapkan tak hanya selesai tepat waktu tetapi juga bisa segera fungsional secepatnya.

"Ini kami berharap pembangunan rumah sakit ini tepat waktu kemudian jangan hanya dibangun agar bisa difungsikan sebagaimana harapan warga kita di sana," tandas Didi.

Lanjutnya, semoga ini dapat menjadi perhatian semua terlebih pemerintah, agar menjadikan salah satu prioritas daerah untuk mensejahterakan masyarakat, terutama dalam bidang kesehatan.

"Karena semua masyarakat berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal," pungkas Didi Hartoyo. 

Sebelumny Pemkab melalui Dinkes Kapyas menargetkan pembangunan rumah sakit pratama di Pujon, Kecamatan Kapuas Tengah rampung pada Desember 2023 ini.

Berdasarkan kontrak kerja pembangunan rumah sakit pratama ini dikerjakan PT Dua Bersama dengan lama pekerjaan 210 hari, mulai 31 Mei dan berakhir 26 Desember 2023.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama