Pembangunan Kawasan Pemukiman Kumuh 2,5 Hektare di Pulang Pisau bakal Terealisasi

Pembangunan Kawasan Pemukiman Kumuh 2,5 Hektare di Pulang Pisau bakal Terealisasi

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan) bakal merealisasikan program pembangunan kawasan pemukiman kumuh seluas 2,5 hektare.

Wujud nyata dari realisasi program tersebut setelah dilaksanaka acara Sosialisasi dan Peletakan Batu Pertama Program Lewu Bahalap wilayah Kelurahan Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir, tepatnya di lingkungan RT X dan XI Jalan Panunjung Tarung, Kota Pulang Pisau, Jumat (1/12/2023).

Kepala Disperkimtan Pulang Pisau Hargatin mengatakan bahwa program ini upaya Pemkab Pulang Pisau untuk mewujudkan tarap hidup masyarakat yang masuk dalam kawasan kumuh menjadi lebih berkualitas, sehingga terciptanya masyarakat yang sejahtera dengan lingkungan yang modern, bersih dan tertata dengan baik. 

"Poyek yang akan kita bangun ini seluas 2,5 hektare, kalau sesuai SK kumuh kita totalnya ada 15,44 hektare. Nanti proses pembangunannya akan bertahap," katanya kepada awak media usai melaksanan batu pertama pembangunan program Lewu Bahalap.

Ia menjelaskan, setelah dilakukan peletakan batu pertama pada program pembangunan Lewu Bahalap pada 2023 ini, selanjutnya pada 2024 memasuki tahapan Detail Engineering Design atau DED, dan di tahun 2025 projek pengerjaan dengan anggaran yang ada.

"Jadi keseluruhan yang kita tetapkan dengan luasan 2,5, nanti sesuai DED yang di dalamnya ada perencanaan dan lain sebagainya, sampai dengan pengerjaan," ujar Hargatin.

Ia menambhakan, pembangunan dilingkungan Lewu Bahalap ini akan ada pembangunan rehab rumah, drainase, dan akses jalan. "Nanti juga setelah program ini selesai, maka akan ada potensi wisatanya sehingga menjadikan Lewu Bahalap ini sebagai kampung wisata, karena pembangunan ini juga dapat dukungan secara terpadu dari OPD-OPD terkait lainnya," tuturnya.

Sementara perlu diketahui, peletakan batu pertama pada program pembanguan Lewu Bahalap tersebut dilakukan Staf Ahli Bupati Iwan Hermawan mewakili Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani, dan dilanjutkan oleh unsur Forkopimda sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Pulang Pisau.[manan]
Lebih baru Lebih lama