Pemukulan Gong Tandai Pembukaan Gelar UMKM di Perhelatan Tahun 2023-2024

Pemukulan Gong Tandai Pembukaan Gelar UMKM di Perhelatan Tahun 2023-2024

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), menggelar acara bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM di perhelatan tahun 2023-2024.

Kegiatan berlangsung di lingkungan Stadion HM Sanusi, Jalan Panunjung Tarung,Kota Pulang Pisau, Jumat (29/12/2023). 

Pembukaan gelar UMKM bagi pelaku usaha kecil ini, dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani, yang ditandai dengan pemukulan gong.

"Kami Pemkab Pulpis akan terus mendorong pelaku-pelaku UMKM untuk memasarkan dan mempromosikan produk-produk mereka, terutama akan dilibatkan setiap ada event yang dilaksanakan seperti di akhir tahun ini dalam rangka menyongsong tahun baru 2024," kata Pj Bupati saat diwawancarai awak media, Jumat (29/12/2023) malam.

Nunu menyebut, bagi para pelaku usaha kecil yang masih mengalami kesulitan dalam usahanya maka akan dibantu melalui dinas-dinas teknis.

"Semisal terkendala masalah perizinan dan lain sebagainya akan dibantu melalui dinas teknis. Untung stimulan sendiri kita sudah banyak memberikan bantuan ke pelaku UMKM," ujarnya.

Sementara, Kadisperindagkop dan UKM Pulang Pisau, Elieser Jaya menyebut, pelaku UMKM yang mengisi stand di perhelatan tahun 2023-2024 ini terdiri dari perwakilan 8 kecamatan di daerah setempat.

"Dari 30 stand ini diisi dengan produk-produk inovasi dark kerajinan tangan dan kuliner serta diisi oleh pelaku usaha binaan dari pihak perbankan dengan tujuan utamanya mendorong pertumbuhan ekonomi dan kualitas produk pelaku usaha," katanya kepada awak media usai mendampingi Pj Bupati Pulang Pisau mengunjungi stand UMKM.

Selain itu juga, tambah Elieser, pihaknya juga memfasilitasi kegiatan pasar penyeimbang dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalteng.

"Untuk pasar penyeimbang tadi, murni dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng sesuai arahan Bapak Gubernur Kalteng dengan total paket sembako 1500. Atas kebijakan Ibu Pj Bupati Pulpis paket sembako ini digratiskan,  padahal kalau total harga sembako sebesar Rp 200 ribu dan masyarakat hanya membayar Rp 50 ribu saja. Tetapi tadi atas kebijakan Ibu Pj Bupati kita maka paket sembakonya gratis," katanya.

"Atas terselenggaranya pasar penyeimbang dari pihak Pemprov Kalteng ini, kami atas nama Pemkab Pulang Pisau mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi," tambah Elieser.

Perlu diketahui, acara pembukaan gelar UMKM dihadiri Sekda Pulang Pisau, unsur Forkopimda dan sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab Pulang Pisau.

Dan, usai membuka kegiatan tersebut Pj Bupati Pulang Pisau beserta rombongan melanjutkan kegiatan Kenal Pamit Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pulang Pisau dari Dian Nur Pratiwi ke Mohamad Zakiuddin di Aula Bepperida Pulang Pisau.[manan]

Lebih baru Lebih lama