Peringkat PPID Utama Pulpis Menurun, dari Kategori Informatif hanya Menuju Informatif

Peringkat PPID Utama Pulpis Menurun, dari Kategori Informatif hanya Menuju Informatif

PULANG PISAU - Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Pulang Pisau berhasil meraih peringkat pertama kategori Menuju Informatif tahun 2023. 

Penghargaan itu diserahkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah Nuryakin kepada Pj Bupati Pulang Pisau, Hj Nunu Andriani pada Malam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) di Ballroom M Bahalap Hotel, Kota Palangka Raya, Senin (11/12/2023) kemarin.

"Penghargaan ini juga diserahkan bersama sejumlah kabupaten/kota lainnya berhasil meraih penghargaan dari berbagai kategori, baik kategori Cukup Informatif, Menuju Informatif dan Informatif," kata Hj Nunu sapaan akrab Pj Bupati Pulang Pisau.

Atas capaian tersebut, Pj Bupati memberikan apresiasi kepada PPID Utama Kabupaten Pulang Pisau dan meminta untuk lebih ditingkatkan lagi.

"Kita menginginkan, nantinya informasi yang disampaikan lebih transparan, responsif dan akuntabel. Khususnya terkait inovasi, transparansi dalam hal pengadaan barang dan jasa, baik yang bersifat strategis maupun non strategis," pintanya.

Ia menambahkan, seperti apa yang disampaikan Sekda Kalteng, seluruh kabupaten/kota dan perangkat daerah di wilayah Kalteng bisa meraih kategori Informatif, termasuk instansi vertikal.

"Ini agar publik bisa melihat kemajuan inovasi, tata kelola pemerintahan yang baik, hal itulah yang akan terus kita tingkatkan," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian (Kadiskominfostandi) Kabupaten Pulang Pisau selaku PPID Utama Kabupaten Pulang Pisau, Moh Insyafi, mengatakan, pada monev tahun 2023 ini, parameter pada aspek penilaian SAQ dari Komisi Informasi Kalteng berbeda dan lebih detail, khususnya dalam hal pengadaan barang dan jasa pemerintah.

"Tidak semua informasi yang diminta dalam penguasaan kami, tapi sebagian ada di PPID Pelaksana Perangkat Daerah, harapan kami ke depan, agar PPID Pelaksana di OP bisa meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi publiknya, artinya lebih kita tingkatkan sinergitas, dan kami sebagai PPID Utama siap untuk membantu," pinta Insyafi.

Untuk diketahui, tahun 2022 Kabupaten Pulang Pisau telah meraih Peringkat 3 Kategori Informatif, namun pada tahun 2023 ini mengalami penurunan dengan hanya meraih Kategori Menuju Informatif di Peringkat I.[rilis/manan]

Lebih baru Lebih lama