Perluas Wawasan Calon Anggota, PWI Kapuas Gelar OKK Tingkat Provinsi Kalteng 2023

Perluas Wawasan Calon Anggota, PWI Kapuas Gelar OKK Tingkat Provinsi Kalteng 2023

PENYEMATAN tanda peserta OKK tingkat Provinsi Kalteng di Kabupaten Kapuas.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Di penghujung tahun ini, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kapuas mengggelar kegiatan OKK (Orientasi Keorganisasian dan Kewartawanan) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023, acara secara resmi dibuka oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi yang diwakili Asisten II Setda Pemkab Kapuas, Salman, Senin (18/12/2023) di Aula  Bappelitbangda Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.

OKK dilaksanakan untuk memperluas wawasan serta meningkatkan kualitas SDM calon wartawan muda yang akan bergabung di organisasi PWI di Kalteng.

Bupati Kapuas dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten II Setda Kapuas, Salman menyampaikan apresiasi kepada PWI Kapuas, karena kegiatan OKK tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dapat dilaksanakan di Kabupaten Kapuas.

"Saya berharap melalui kegiatan OKK ini dapat menciptakan wartawan yang berkualitas dan profesional sehingga bisa seiring dan sejalan untuk bersama membantu pemerintah mewujudkan pembangunan," kata Salman.

"Wartawan profesional sangat dibutuhkan pemerintah di era keterbukaan informasi publik saat ini," lontarnya.

Lanjutnya, di mana wartawan tidak hanya memberikan kritikan terhadap kinerja pemerintah namun juga mampu memberikan ide gagasan solusi dan pemikiran konstruktif lewat karya jurnaslistiknya.

Sebelumnya Ketua panitia pelaksana yang juga merupakan Ketua PWI Kapuas, Sri Hayati menyampaikan ucapan apresiasi dan terima kasih kepada  Pemkab Kapuas atas dukungan hingga kegiatan tersebut dapat terlaksana.

Dikatakannya, sesuai Peraturan Dasar PWI pasal 7 ayat 1 dan 2, OKK ini merupakan syarat mutlak seseorang untuk menjadi anggota PWI. 

Ia menyebut, kegiatan OKK ini digelar bagi calon anggota, anggota muda dan anggota biasa yang kartunya mati lebih dari satu tahun. 

"Selain OKK juga nantinya calon anggota PWI dipersyaratkan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang juga rencananya akan digelar di Kabupaten Kapuas tahun 2024 mendatang," katanya.

Kegiatan OKK ini diikuti 36 wartawan dari sejumlah media  yang merupakan calon anggota PWI dari berbagai kabupaten di Kalimantan Tengah.

Hadir dalam acara pembukaan OKK tersebut Forkopimda, sejumlah kepala SKPD, pengurus PWI Pusat dan PWI Kalteng, perwakilan oganisasi dan undangan lainnya.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama