Rozain : Desa Sungai Dua Ditetapkan Sebagai Kampung Perikanan Cerdas

Rozain : Desa Sungai Dua Ditetapkan Sebagai Kampung Perikanan Cerdas


BATULICIN Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Rabu (20/12/2023) akan ditetapkan sebagai Kampung Perikanan Cerdas/Smart Fisheries Vilage (SFV) oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu H.Akhmad Rozain kepada wartawan,  Selasa (19/12/2023), menjelaskan, kegiatan penetapan Kampung Perikanan Cerdas di Lesehan Carina Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat.

Menurut Rozain, sebenarnya pelaksanaan kegiatan ini seharusnya tanggal 14 Desember 2023 lalu. Dan dia baru tahu jika kegiatan ini ada di Tanah Bumbu, setelah diadakan  pertemuan dengan Balai Riset Budi Daya Ikan di Jakarta, belum lama ini.

Kegiatan ini, lanjut Plt. Kabag Kesra itu, program ada 10 kabupaten di Indonesia program ini. Termasuk Tanah Bumbu yang seharusnya dilaksanakan 2019 lalu, tapi dibatalkan karena adanya wabah covid-19.

"Sebagai kepala dinas yang baru jujur, saya kaget kok ada program bagus untuk meningkatkan peningkatan kesejahteraan  petani ikan di daerah ini," ungkap Rozain yang juga Ketua Badan Pengelola Masjid Apung Ziyadatul Abrar (ZA) di Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir.

Kemudian oleh Bupati Tanah Abah Zairullah Azhar -- pada jabatan kedus -- keluar keputusan bupati tahun 2022 menunjuk Desa Sungai Dua sebagai Kampung Perikanan Cerdas (untuk ikan patin, red) dikelola dengan baik," ungkapnya.

"Di Desa Sungai Dua, air sangat melimpah jadi pas dijadikan Kampung Perikanan Cerdas," ujar Rozain.

Dan dalam hal pembinaan dan pengelolaan Dinas Perikanan Tanah Bumbu bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dan para petani ikan patin, belum lama ini, diberikan pelatihan bagaimana membuat pakan ikan, teknik-teknik pembibitan ikan, dan membuat kemasan yang bagus.

"Jumlah mereka ada empat kelompok, satu kelompok bisa 10 orang sampai lebih," demikian Rozain.[ade]

Lebih baru Lebih lama