KPU Pulang Pisau Kerahkan 184 Petugas Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024

KPU Pulang Pisau Kerahkan 184 Petugas Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024

PULANG PISAU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengerahkan 184 petugas dari berbagai kalangan masyarakat untuk melakukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu 2024, Kamis (4/1/2024) di ruangan Christiani Center, daerah setempat. 

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara yang melibatkan ratusan petugas ini, dengan estimasi waktu selama 3 hari.

Ketua KPU Pulang Pisau Roby Hudin mengatakan, para petugas pelipatan surat suara ini didominasi oleh warga yang ikut serta dalam proses pelipatan di pemilu-pemilu sebelumnya.  

"Total petugas pelipatan sebanyak 184 orang. Memang ada petugas pelipatan yang baru tetapi didominasi orang-orang yang sebelumnnya terus terlibat dalam pelipatan surat suara di setiap pemilu," ujar Roby sapaan akrab Ketua KPU Pulang Pisau kepada awak media, Kamis (4/1/2023).

Ia menyebut, per jenis surat yang dilakukan pelipatan oleh pihak petugas masing-masing berjumlah 103.399 atau seratus tiga ribu tiga ratus sembilan puluh sembilan ribu surat suara.

"Jumlah atau total ratusan surat suara ini, untuk memilih Presiden, Wakil Presiden, anggota DPR, anggota DPRD Provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD," kata Roby.

Ia menambhakan, setelah proses pelipatan surat suara selesai, maka akan dilakukan pengemasan atau pack dalam kotak kardus dan kemudian akan didistribusikan ke 8 kecamatan di wilayah kabupaten Pulang Pisau lalu diterima pihak KPPS dan PPS.

"Nanti proses distribusinya selambatnya 7 hari  sebelum pelaksanaan pemilu berlangsung ," ungkap Roby.

Sementara hasil pantauan awak media di lokasi pelipatan surat suara tersebut, proses pelipatan dikawal dan dijaga ketat puluhan personel Polres Pulang Pisau. [manan]

Lebih baru Lebih lama