Perkuat Sistem Manajemen Mutu, SMK-PP Kementan Lakukan Audit Eksternal

Perkuat Sistem Manajemen Mutu, SMK-PP Kementan Lakukan Audit Eksternal

BANJARBARU - SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bidang Pendidikan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP)  Pertanian, Kementerian Pertanian terus berupaya meningkatkan kapasitas dan pelayanan manajemen di sekolah.

Hal ini senada dengan arahan Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan menjaga bahkan meningkatkan kualitas harus terus dilakukan satuan pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Pertanian.

Ditambahkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP)  Kementan, Dedi Nursyamsi, berharap dengan adanya rekomendasi ini membuat insan BPPSDMP bekerja lebih maksimal.

"Tugas pertanian tidak mudah. Kita harus menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat. Artinya, kita pun harus meningkatkan kualitas. Dan rekomendasi ini bisa menjadi tambahan motivasi untuk bekerja lebih baik," kata Dedi.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh SMK-PP N Banjarbaru adalah kembali menggelar audit ekternal dalam bidang re-Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu atau ISO 9001:2015. 

Audit sendiri dilakukan oleh auditor dari United Registar of Systems (URS) Cabang Balikpapan, F. Sumarlin Saranga yang dilakukan secara tatap muka selama 2 hari, terhitung sejak Selasa (23/1/2024).

Setelah dilakukan audit selama 2 hari, Kamis (25/1/2024), auditor dari URS Balikpapan, menyatakan bahwa SMK-PP Negeri Banjarbaru di rekomendasikan untuk mendapatkan kembali sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.

“Saya perwakilan dari URS Cabang Balikpapan dengan ini merekomendasikan SMK-PP Negeri Banjarbaru untuk melanjutkan sertifikasi ISO 9001:2015, dengan tidak ada catatan major," jelas F. Sumarlin Saranga.

Wakil Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru Bidang Kurikulum, Airin Nurmarita mewakili Kepala Sekolah yang hadir dalam pemaparan hasil audit ini menyatakan bangga dan senang, SMK-PP N Banjarbaru kembali meraih ISO 9001:2015.

“Saya mewakili Kepala Sekolah menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya untuk Bapak dan Ibu semuanya, dan semoga membuat sekolah kita semakin baik dalam penerapan sistem manajemen mutu dalam pendidikan," papar Airin Nurmarita.

Ditambahkan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha SMK-PP Negeri Banjarbaru, Johan Pujianto yang juga hadir.

“Alhamdulillah berkat peran dan kerjasama Bapak dan Ibu semuanya, ISO 9001:2015 SMK-PP Negeri Banjarbaru dapat diperpanjang untuk 1 tahun ke depan," ujarnya.

Terpisah, Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru Budi Santoso menambahkan. "Tentunya dengan mendapatkan sertifkasi ISO 9001:2015 ini, kami SMK-PP Negeri Banjarbaru akan berkerja lebih baik lagi, dan ber kinerja lebih maksimal lagi," ujar Budi Santoso.

Sebagai informasi dalam Audit ISO 9001:2015 ini SMK-PP N Banjarbaru telah melalui proses audit yang dilakukan URS Cabang Balikpapan. Beberapa bidang yang di audit diantaranya terkait Bidang Management dan Management Representative, Kurikulum, Humas dan Kerjasama, Ketenagaan, Sarana dan Prasarana dan Perpustakaan, Kesiswaan, Bimbingan Konseling dan Tata Usaha.[adv]

Sumber : Tim Ekpos SMK-PPN Banjarbaru
Lebih baru Lebih lama