DLH Kotabaru Dukung Penanaman 1000 Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Gedambaan

DLH Kotabaru Dukung Penanaman 1000 Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Gedambaan

KOTABARU - Percepatan dan optimalisasi program mangrove for coastal resilience tahun 2024 dilakukan di pesisir pantai Gedambaan, Kotabaru. Ini juga sebagai persiapan kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1004/Kotabaru, Mayor Arm Agus Surya Sulendra, Kabag OPS AKP Abdul Ra'uf, perwakilan Lanal Kotabaru Sertu APM Dedy Wuriyanto, PPLH Bidang Tata Lingkungan DLH Kotabaru, Lidiyawati, ST  Personil TNI-AD.

Juga personel Lanal Kotabaru, personel Polres Kotabaru serta anak-anak Pramuka. Kegiatan dilakukan pesisir pantai Jalan, Berangas Km 13 Desa Gedambaan, Kecamatan Pulaulaut Sigam, Rabu (21/2/2024). 

Dandim 1004/kotabaru Letkol Inf Boni Berdian diwakili Kasdim 1004/kotabaru Mayor Arm Agus Surya Sulendra menyampaikan, penanaman mangrove ini dilakukan secara serentak se-Kodam Mulawarman dalam rangka kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad). 

"Kegiatan ini tidak semua Kodim untuk melaksanakannya, karena hanya ada beberapa Kodim saja yang mempunyai lahan atau pesisir untuk melakukan penanaman pohon mangrove, salah satunya Kodim 1004/kotabaru ditunjuk untuk melaksanakan penanaman pohon mangrove," ucap Kasdim. 

Sementara itu, lanjutnya, kegiatan penanaman mangrove ini diikuti Perwira Kodim 1004/kotabaru beserta jajarannya, personil Polres Kotabaru, personil Lanal Kotabaru, Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru, beserta anak-anak Pramuka. Untuk mangrove yang ditanam ini didapatkan dari Dinas terkait dan pihak perusahaan dengan jumlah 1000 pohon

"Kasdim berharap dengan adanya penanaman mangrove ini Kita bisa mencegah dari abrasi pantai diwilayah Kotabaru," pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotabaru diwakili Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup Kotabaru Lidyawati, ST mengapresiasi kegiatan tersebut, dan ini salah satu misi Bupati Kotabaru dalam mewujudkan struktur ekonomi berdaya saing dan pro kerakyatan dengan konsep pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan

"Dari Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru sendiri menyambut baik dan sangat apresiasi dengan adanya kegiatan ini, dan ini adalah salah satu bentuk perhatian terhadap lingkungan," ujar Lidiyawati. 

Ia juga menambakan, dengan dilaksanakannya program tanam mangrove ini menjadi perbaikan lingkungannya agar menjadi agenda prioritas teratas untuk menjaga abrasi dan erosi pengikisan pesisir pantai.

"Dari Dinas Lingkungan Hidup sendiri mendukung atas program penanaman mangrove tersebut," katanya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama