Klenteng An Hwa Tian Kotabaru gelar Cap Go Meh, Ini Kata Ketua DPRD

Klenteng An Hwa Tian Kotabaru gelar Cap Go Meh, Ini Kata Ketua DPRD

KOTABARU - Warga Tionghoa Kotabaru merayakan Cap Go Meh, sebagai rangkaian peringatan tahun baru Imlek 2575 Kongzili, yang tahun ini jatuh pada 10 Februari lalu. Cap Go Meh dilaksanakan di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD An Hwa Tian) atau Klenteng An Hwa Tian Kotabaru, dengan sajian Baronsai, Sabtu malam (24/2/2024).

Tujuan kegiatan perayaan Cap Go Meh ini sebagai ungkapan rasa syukur atas berkat yang diberikan dengan harapan agar tahun selanjutnya menjadi lebih baik.

Ketua Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD - An Hwa Tian) Kotabaru, Gunadi Utomo didampingi Sekretaris Jony Kamitoko mengatakan, pada perayaan kali ini, warga Tionghoa memohon diberikan penerangan dan kemajuan dalam hidup.

Menurutnya, perayaan Cap Go Meh yang meartikan, Cap Go berarti limabelas, Meh itu malam, jadi malam tanggal 15. "Itu adalah akhir dari perayaan tahun baru Imlek ini," ujarnya.

Gunadi menyatakan, Imlek tahun ini sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya. Sebab perayaannya berdekatan dengan Pemilu 2024.

"Dengan demikian, perayaannya digelar secara sederhana, akan tetapi tanpa mengurangi makna tahun baru Imlek," kata Gunadi

Dalam hal ini, Ketua DPRD Syairi Muhklis juga menyampaikan peringatan Cap Go Meh ini melaksanakan Puja Bhakti menyambut perayaan Cap Go Meh, kemudian dilanjutkan dengan Baronsai dan kembang api.

Ia, berharap di tahun bershio Naga Kayu ini, seluruh masyarakat dapat hidup tentram, ekonomi meningkat, dan melahirkan pemimpin yang dapat memajukan bangsa Indonesia.

"Selain itu, diharapkan juga semua hal yang bisa lebih baik daripada sebelumnya. Termasuk, masa depan negara ini di era pemerintahan yang baru," ucapnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama