Disbudporpar Gelar Lomba Tradisional Balogo, Sambut Hari Jadi Tanah Bumbu

Disbudporpar Gelar Lomba Tradisional Balogo, Sambut Hari Jadi Tanah Bumbu


BATULICIN - Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu ke-21 tanggal 8 April 2024, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporpar) Tanah Bumbu menggelar lomba tradisional Balogo se-Kabupaten yang berjuluk Bumi Bersujud. 

Lomba ini diselenggarakan setiap tahunnya, sebagai salah satu upaya untuk melestarikan permainan tradisional di Bumi Bersujud ini. 

Disbudporpar bekerjasama dengan Tim Gabungan Balogo Indonesia (GOBI) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar lomba ini.

Kegiatan ini diperkirakan akan dilaksanakan selama tiga malam kedepan, mengingat saat ini masih pada bulan Ramadan.

Untuk pelaksanaannya terdapat dua tempat yang berbeda yakni untuk kategori per Grup di Lapangan Galam Junior Batuah, dan untuk kategori perorangan di Lapangan 2R Manurung, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu. 

Peserta lombanya sendiri, untuk per grup diikuti oleh 42 tim dan untuk perorangan diikuti 132 orang. 

Ketua Harian GOBI Kalsel Jayadi mengungkapkan sangat mendukung dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemda atas dukungannya dalam pelestarian olahraga tradisional khususnya Balogo.

Disampaikannya pada Jum’at (5/4/2024), seperti dikutip dari BPost bahwa ia berharap hal ini dapat selalu dilestarikan, karena ini merupakan warisan budaya nenek moyang. 

Menurutnya, Balogo adalah warisan berharga yang perlu diapresiasi oleh masyarakat, karena mereka merupakan bagian tak terpisahkan dari kekayaan budaya Indonesia.

Baginya, ini dapat mempertahankan kearifan lokal, mendorong pariwisata lokal, membangun solidaritas dan persatuan, serta melestarikan warisan budaya bagi generasi mendatang.

Melalui kegiatan ini, silaturahmi antar pencinta Balogo dapat semakin kuat, serta bisa menjadi wadah untuk mengimplementasikan hasil latihan selama ini.[ade]

Lebih baru Lebih lama