Susi Air Resmi Layani Penebangan Perdana Buntok - Banjarmasin

Susi Air Resmi Layani Penebangan Perdana Buntok - Banjarmasin


BUNTOK - Maskapai Susi Air resmi melayani penerbangan perdana lanjutan dari Bandara Sanggu Buntok, Barito Selatan (Barsel) menuju Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu ( 24/4/2024).

Penerbangan ini menandakan kembalinya layanan penerbangan di Bandara Sanggu setelah vakum selama tiga tahun akibat pandemi Covid 19. Sebelumnya, maskapai Smart Aviation melayani rute ini, namun kini digantikan oleh Susi Air.

Penerbangan Susi Air melayani rute Buntok Banjarmasin atau sebaliknya Pulang Pergi - PP dua kali seminggu, yaitu pada hari Selasa dan Kamis.

Penjabat atau Pj Bupati Barsel, H Deddy Winarwan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Ripaltha berharap penerbangan ini dapat membantu meningkatkan perekonomian dan konektivitas di wilayah Barsel.

"Saya merasa bangga dan berharap penerbangan perintis ini dapat berlanjut di tahun-tahun yang akan datang. Sehingga dapat membantu meningkatkan percepatan perekonomian dan konekting antar wilayah di Kabupaten Barito Selatan menuju Kabupaten lain," kata Ripaltha. 

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kewlas III Sanggu, I Ketut Oka Mariana menambahkan bahwa Bandara Sanggu masih dikategorikan sebagai Bandara Pengumpan, yang artinya bandara ini mengumpan penumpang ke Bandara Pengumpul Banjarmasin.

"Semoga ke depan bisa lebih berkembang lagi untuk melayani penerbangan ke Samarinda atau Balikpapan mengingat IKN kita sudah akan beroperasi," tambahnya.

Saat ini, Bandara Sanggu hanya bisa melayani pesawat Cessna Grand Caravan 208 dengan kapasitas 12 penumpang. Diharapkan ke depannya, bandara ini dapat dikembangkan untuk melayani pesawat ATR 42 dengan kapasitas 72 penumpang

Penerbangan perdana Susi Air disambut baik oleh berbagai pihak, termasuk Kapolres Barsel AKBP Asep Bangbang Saputra, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Barsel, Kepala Dinas Perhubungan Barito Timur, Kepala BMKG Buntok, Camat Dusun Selatan, dan Kepala Desa Sanggu.

Diharapkan, penerbangan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Barsel dan sekitarnya.[adv/harlianto]

Lebih baru Lebih lama