UKM merupakan Pilar Penting untuk Pertumbuhan Ekonomi

UKM merupakan Pilar Penting untuk Pertumbuhan Ekonomi

WAGUB Kalteng, Edy Pratowo saat membuka Rakorda Perencanaan Pusat dan Daerah Bidang Koperasi dan UMKM.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Sinergitas dan kesinambungan bidang pembangunan koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) strategi Program Pusat dan Daerah untuk meningkatkan kontribusi dan peran UKM dalam perekonomian daerah, serta menginventarisasi masalah yang dihadapi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Perencanaan Pusat dan Daerah Bidang Koperasi dan UMKM, berlangsung di Hotel Best Western Palangka Raya, Senin (29/4/2024).

Rakorda dengan tajuk "UKM Bersatu, Berkembang dan Berdaya Saing Melalui Inkubator Bisnis" tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Edy Pratowo didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng, Norhani.

"Forum ini sangat strategis untuk memperkuat sinergi dan kerjasama antara Pemerintah Pusat dan Daerah dalam rangka perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan Koperasi dan UKM," ungkap Wagub.

Wagub menjelaskan UKM merupakan pilar penting untuk pertumbuhan ekonomi baik nasional maupun daerah.

"Anggota Koperasi sebagian besar juga pelaku UMKM. Maka perlu kita dukung bersama dengan menggerakan sektor strategis dan potensi unggulan untuk mengangkat perekonomian daerah," imbuhnya.

Lanjutnya, guna menguatkan kualitas UMKM yang bernilai ekonomi dan daya saing tinggi, perlu ada kajian pembentukan dan pengembangan program inkubasi terpadu pusat daerah yaitu lembaga penyediaan layanan dan fasilitas.

"Tentunya ini membutuhkan dukungan seluruh Kepala Dinas yang membidangi UMKM Kabupaten/Kota untuk mempercepat pencapaian UMKM Kalimantan Tengah naik kelas," pungkasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama