Agenda Penyampaian 4 Raperda, DPRD Kotabaru Gelar Rapat Paripurna

Agenda Penyampaian 4 Raperda, DPRD Kotabaru Gelar Rapat Paripurna

KOTABARU - DPRD Kabupaten Kotabaru kembali menggelar Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) oleh Pemerintah Kabupaten Kotabaru, di Gedung Paripurna DPRD Kotabaru, Rabu (23/5/2024).

Rapat Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis dan didampingi Wakil ketua DPRD, H Mukhni AF serta para anggota DPRD Kotabaru. Sementara dari pihak eksekutif diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemkab Kotabaru, H Zainal Abidin S.STP, Forkopimda dan SKPD. 

Empat Raperda disampaikan H. Zainal Abidin, yakni terdiri dari, pertama; Raperda tentang Pembangunan Gedung, Ruang Lingkup Pengaturan Dalam Peraturan Daerah yang meliputi fungsi klasifikasi bangunan gedung, standar teknis, proses penyelenggaraan, Infrastruktur bangunan gedung dengan nuansa kearifan lokal, peran serta masyarakat, pembinaan dan pengawasan pendanaan dan sangksi adminstratif.

Kedua; Raperda tentang Riset dan Inovasi Daerah. Inj sebagai bagian dari upaya meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah dibutuhkan riset dan inovasi daerah.

Tujuan dari adanya riset dan inovasi daerah percepatan terwujudnya kesejahteraan masyarakat adanya inovasi daerah diharapkan akan berdampak pada perbaikan kualitas pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, meningkatkan peran serta masyarakat dan meningkatkan daya saing daerah

Ketiga; Raperda tentang Hibah dan Sumbangan dari Pihak Lain, untuk mencapai tujuan negara yang diatur dalam pembukaan undang-undang dasar Republik Indonesia tahun 1945.

Keempat; Raperda tentang Penyelenggaraan Jalan Kabupaten dan Jalan Desa. Jalan sebagai salah satu prasarana transportasi yang menyangkut hajat hidup orang banyak , mempunyai fungsi sosial yang sangat penting dengan pengertian tersebut.

"Wewenang penyelenggaraan jalan wajib menjalankan tugas dan tanggung jawab, serta mengayomi dan menyejahterakan masyarakat Kabupaten Kotabaru," katanya. 

Usai membacakan empat buah Raperda, langsung diserahkan kepada Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama