Asisten II Ikuti TWG dengan FAO Indonesia

Asisten II Ikuti TWG dengan FAO Indonesia


BUNTOK - Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Edy Purwanto diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Rahmat Nuryadin memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah tahun 2024 kerjasama dengan FAO berupa technical working group (TWG) di ruang rapat VIP Setda Barsel, Senin (20/5/2024).

Kepala Sucofindo, Asef Kusnedi dalam sambutan mengatakan, tema diskusi yakni peran dari para stakeholder dalam pengelolaan 7 wilayah perikanan darat disepakati berpotensi untuk dijadikan kawasan konservasi. 

"Tujuan diskusi adalah untuk menggali informasi terkait rencana kerja para stakeholder untuk program pengelolaan 7 kawasan  perikanan darat  seperti Danau Lelek di Desa Marawan Lama, Danau Malawen di Desa Sanggu, Danau Mangkarei di Desa Muara Singan, Danau Mangguruh di Desa Teluk Betung, Danau Raya di Desa Baru, Danau Bateken di Desa Batilap, Danau Karanan Kecil di Desa Batampang,"ucap Asef

Menurutnya, menggali informasi rencana 5 tahun kedepan, memberikan pengetahuan beserta dampak dan manfaat terhadap keberlangsungan kawasan perikanan darat.

Perwakilan FAO Indonesia Rahmatullah Hadi mengatakan tehnical working grup pengelolaan perairan darat atau kelompok kerja pengarusutamaan keanekaragaman hayati berbasis ekosistem di Kabupaten Barsel.

Perairan darat memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung kehidupan dan keberlanjutan ekosistem selain sebagai sumber air baku untuk keperluan domestik dan irigasi, juga menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat khususnya para nelayan.

"Pengelolaan yang baik dan berkelanjutan dari perairan darat adalah hal yang sangat krusial. FAO sebagai organisasi internasional yang berfokus pada peningkatan keamanan pangan dan pembangunan pertanian serta perikanan yang berkelanjutan," pungkasnya.[adv/harlianto]

Lebih baru Lebih lama