Bupati Sayed Hadiri Peringatan Haul ke- 45 Habib Thoha Bin Seggaf Al-Aydrus

Bupati Sayed Hadiri Peringatan Haul ke- 45 Habib Thoha Bin Seggaf Al-Aydrus

KOTABARU - Bupati Kotabaru, Sayed Jafar turut menghadiri haul ke-45 Habib Thoha Bin Seggaf Al-Aydrus. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan setiap bulan Dzulqaidah dan dipusatkan di Makam Habib Thoha Bin Seggaf Al-Aydrus, Desa Pudi Seberang, Kecamatan Kelumpang Utara, Kotabaru, Minggu pagi (26/5/2024).

Peringatan haul ini menghadirkan penceramah Habib Muhamamd Bin Seggaf Al-Aydrus dari Sungai Pinang Selaru Kotabaru. Selain Bupati, juga hadir Sekretaris Daerah Kotabaru, Ketua TP-PKK dan Ketua DWP Kotabaru, Staf Ahli Bupati, SKPD lingkup Kotabaru, para ulama, habaib dan ratusan Jamaah.

Haul diawali dengan pembacaan maulid habsyi Simtud Durar oleh maulid habsy Pesantren Miftahus Salam Pudi Seberang.

Bupati dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Said mengungkapkan, peringatan haul merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat dan memperkokoh nilai-nilai agama dalam sanubari, sehingga terwujudnya masyarakat yang selalu memegang teguh nilai-nilai agama.

"Peringatan ini merupakan pondasi penting dalam kehidupan bermasyarakat serta banyak manfaat yang kita peroleh dari kegiatan tersebut," ucapnya. 

Dalam kegiatan haul ini di antaranya saling mendoakan, silaturahmi serta majelis ilmu, untuk meneladani almarhum Al Habib Thoha Bin Seggaf Al-Aydrus. Juga agar memiliki teladan dalam berakhlak dan teladan yang mulia bagi Nabi Muhammad SAW.

"Untuk itu, peringatan semacam ini agar terus dipertahankan dan ditingkatkan, bukan hanya sebagai rutinitas semata, namun untuk dapat mencontohkan dan menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari," paparnya. 

Said mengajak masyarakat dan jamaah sekalian untuk selalu mempertahankan dan meningkatkan dalam bekerja dan berkarya dengan terus memperbanyak amal ibadah kebijakan, serta memperkuat ukhuwah Islamiyah demi kerukunan dan kemaslahatan umat.

Beliau juga berharap dengan hadirnya kegiatan ini para jamaah dapat memaknainya dengan positif dan mampu menambah keimanan serta ketaqaan kepada Allah SWT. 

Di samping itu juga melalui kegiatan ini agar terciptanya hubungan yang baik dan saling mendukung antar pemerintah, ulama dan masyaraka. Dengan begitu, kebersamaan ini akan selalu bisa terpelihara dengan baik dalam rangka mendukung pembangunan Daerah.

Sekda juga menambahkan, saat ini Pemkab membangun Masjid Apung di Siring Laut dan merehab Masjid Agung Husnul Khatimah Kotabaru serta menyediakan dana untuk masyarakat Kotabaru yang ingin bersekolah ke Hadramaut Yaman. 

"Yang ingin bersekolah keluar negeri ke Yaman Hadramaut, Pemerintah Kotabaru telah menyediakan dananya bagi masyarakat Kotabaru, dan nanti bisa menghubungi bagian Kesra," jelasnya. 

Haul kali ini dirangkai dengan penyerahan bantuan dari Pemkab Kotabaru yang diserahkan langsung oleh Ketua TP-PKK Kotabaru, Hj. Fatma Idiana, untuk keperluan kegiatan Haul Habib Thoha Bin Seggaf Al-Aydrus ini.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama