Eksistensi Bumdes, Perkuat Perekonomian di Pedesaan

Eksistensi Bumdes, Perkuat Perekonomian di Pedesaan

BUNTOK - Bumdes adalah sebuah lembaga usaha desa yang dikelola oleh pemerintah desa juga masyarakat desa. Ini dengan tujuan untuk memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan serta potensi yang ada di desa tersebut.

"Ada beberapa macam tujuan yang ingin dicapai mendirikan BUMDes antara lain, untuk meningkatkan perekonomian desa. Meningkatkan Pendapatan Asli Desa, meningkatkan Pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa," ucap Anggota Komisi I DPRD Barsel, Tamarzam, Minggu (19/5/2024). 

Menurut wakil rakyat ini, untuk mengelola Bumdes tersebut seluruhnya dari Dana Desa (DD). Untuk itu, diharapkan Pemerintah Kabupaten Barsel atau instansi yang terkait agar melakukan memonitoring serta membimbing perangkat desa.

Lanjut dia, perlu dilakukan sosialisasi sesering mungkin, dan di sisi lain petugas pendamping desa harus proaktif membatu usaha yang dilakukan Bumdes.

Menurut dia, pengawasan dan monitoring perlu dilakukan guna menghidar terjadinya penyelewengan Dana Desa (DD).  

“Sudah banyak contoh kejadian ditemui  dari berita di berbagai media massa, dimana pengelolaan Dana Desa (DD) tidak tepat sasaran oleh para aparat desa,” pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama