Kalteng Expo Dorong Pelaku UMKM dan IKM Meningkatkan Inovasi

Kalteng Expo Dorong Pelaku UMKM dan IKM Meningkatkan Inovasi

WAKIL Gubernur Edy Pratowo saat mengunjungi Stand Dinas PMD Kalteng.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Kalteng Expo, agenda rutin tahunan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kalteng yang menginjak usia ke-67 Tahun.

Event ini sekaligus upaya mendukung program nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) sekaligus sebagai ajang promosi dan informasi peluang investasi bagi komoditas unggulan daerah Kalteng.

"Dengan partisipasi aktif seluruh peserta Kalteng Expo serta upaya bersama, akan memberikan hasil nyata dan berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian daerah Kalimantan Tengah dan nasional, terutama dalam menumbuhkan ekonomi kerakyatan dan UMKM lokal," kata Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo, Senin (13/5/2024).

Menjadi harapan bersama, ungkapnya, rangkaian kegiatan Kalteng Expo 2024 dapat berlangsung lancar dan sukses, khususnya dari nilai transaksi produk-produk yang dipamerkan dan manfaat terhadap kemajuan para pelaku UMKM dan IKM Kalteng di tengah persaingan pasar global.

"Mendorong pelaku usaha UMKM dan IKM terus mengikuti perkembangan zaman dan permintaan pasar serta meningkatkan inovasi dan nilai tambah produk," imbuhnya.

Selain pameran produk unggulan daerah, lanjutnya, pada event Kalteng Expo kali ini juga dilaksanakan Pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) dan Pelatihan Pra Kerja 2024 untuk 20.000 orang serta peluang bekerja di Jepang dengan kuota 500 orang.

Diharapkan, melalui Job Fair itu masyarakat bisa memperoleh berbagai informasi lapangan pekerjaan yang tersedia, khususnya di Kalteng, sesuai kualifikasi atau persyaratan yang dimiliki.

"Adanya pelatihan Pra Kerja untuk membantu meningkatkan keterampilan calon tenaga kerja, sehingga nanti bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan atau memulai usaha," harapnya.

Sekedar informasi, stand pada Kalteng Expo 2024 ini berjumlah 324, terdiri dari SOPD Provinsi sebanyak 36 stand, Kabupaten/Kota se-Kalteng ada 13 stand, Instansi Vertikal ada 7 stand, dan BUMN dan BUMD sebanyak 18 stand, serta stand outdoor, terdiri dari Polri, TNI, dunia usaha/UMKM/IKM, sebanyak  50 stand.

Sementara itu, UMKM/IKM berasal dari Provinsi Kalteng maupun dari luar Provinsi Kalteng dan Pasar Rakyat/PKL sebanyak 200 lapak.

Kalteng Expo 2024 dilaksanakan di Arena Pameran Temanggung Tilung  pada  11 hingga 15 Mei 2024 dan dibuka untuk umum setiap hari pukul 10.00 sampai 22.00 WIB.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama