Lomba Tari Pesisir pada FBIM 2024 Berhasil Menyita Perhatian Masyarakat

Lomba Tari Pesisir pada FBIM 2024 Berhasil Menyita Perhatian Masyarakat

PENAMPILAN salah satu peserta lomba tari pesisir pada FBIM 2024.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Lomba Tari Pesisir salah satu yang dilombakan pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 berhasil menyita perhatian masyarakat, yang dilangsungkan di GOR Indoor Serbaguna Kota Palangka Raya, Selasa (21/5/2024).

Kepala UPT Taman Budaya Wildae D Binti saat membuka lomba tari pesisir itu menyampaikan, para peserta akan menampilkan karya-karya terbaiknya yang telah diseleksi di masing-masing Kabupaten/Kota.

"Ini merupakan kesempatan bagi kita untuk bersama-sama menikmati karya para pelaku seni dan para seniman yang ada di Kalimantan Tengah," tukasnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Adiah Chandra Sari mengaku sangat mengapresiasi para peserta yang ikut dalam lomba tari pesisir tersebut.

"Meskipun peminatnya tidak banyak, hanya 8 Kabupaten dan 1 Kota, namun mudah-mudahan melalui lomba tari pesisir ini kita bisa mengangkat kembali potensi-potensi budaya khususnya seni tari yang ada di seluruh Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah agar semakin berkembang," ujarnya, Rabu (22/5/2024).

Ia berharap para pelaku seni bisa lebih kreatif dan berinovasi dalam menciptakan gerakan-gerakan yang masih dalam bingkai kearifan lokal, sehingga menjadi lebih menarik dan mengangkat budaya Kalteng agar dikenal oleh masyarakat luas. 

Diinformasikan, lomba tari pesisir diikuti oleh 8 Kabupaten dan 1 Kota, diantaranya Kabupaten Kotawaringin Timur, Barito Selatan, Kapuas, Sukamara, Barito Utara, Pulang Pisau, Kotawaringin Barat, Kabupaten Barito Timur, dan Kota Palangka Raya.[kenedy/adv]
Lebih baru Lebih lama