Maknai Kebangkitan Nasional, Pemkab Kotabaru Gelar Upacara Peringatan Harkitnas

Maknai Kebangkitan Nasional, Pemkab Kotabaru Gelar Upacara Peringatan Harkitnas

KOTABARU - Pemerintah Kabupaten Kotabaru menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 tahun 2024, Senin (20/5/2024) di halaman Kantor Bupati Kotabaru.

Upacara di Harkitnas ke-116 bertindak selaku inspektur upacara Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Hapsoro A Purbaningtyas membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI, Budi Arie Setiadi. Turut hadir Sekda Kotabaru, para asisten Setda Kotabaru, Staf Ahli Bupati, Forkopimda, SKPD, para ASN, dan peserta apel.

Dalam amanatnya, dibacakan Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Hapsoro A.P menyampaikan awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal berawal dari organisasi Boedi Oetomo.

"Dari sana timbul pemikiran tentang pentingnya memperluas keanggotaan yang mencakup seluruh rakyat Hindia Belanda,” katanya.

Kemudian, sebelum Boedi Oetomo adalah Kartini merupakan perempuan dari Jepara yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan dan kemajuan.

"Dialah yang menggodok aspirasi-aspirasi kemajuan di Indonesia untuk pertama kalinya, di akhir abad 19, di tangannya kemuajuan itu dirumuskan, diperinci, dan diperjuangkan untuk menjadi milik seluruh bangsa Indonesia,” ucapnya.

Peringatan Harkitnas ini merupakan fase kebangkitan kedua yang melanjutkan kebangkitan pertama yang telah ditegakkan oleh para pendiri bangsa.

"Bedanya, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru, Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru, menjadi bagian dari peradaban kita hari ini,” ujarnya.

Menurutnya, jika seseorang menguasai teknologi, dia juga menguasai peradaban dan penguasaan teknologi yang merupakan pendorong untuk “Indonesia Emas”.

"Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini, kita haru menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri dan keyakinan,” katanya. 

Ia juga mengatakan untuk mencapai “Indonesia Emas” jangan berjalan lamban, karena tranformasi digital terus berkembang secara cepat dan merupakan modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045”.

"Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas,” pungkasnya.[zainuddin]
Lebih baru Lebih lama