PWI Kabupaten Kapuas Sukses Gelar Pelatihan Wawasan Jurnalistik dan Kehumasan

PWI Kabupaten Kapuas Sukses Gelar Pelatihan Wawasan Jurnalistik dan Kehumasan

SUASANA pembukaan Pelatihan Wawasan Jurnalistik dan Kehumasan PWI Kabupaten Kapuas.| foto : zulkifli 

KUALA KAPUAS - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalteng, sukses menggelar kegiatan pelatihan wawasan jurnalistik dan kehumasan dengan tema, "Bersama PWI Tingkatkan Keterampilan dan Kualitas Informasi di Era Digitalisasi" berlangsung di aula ruang rapat Rujab Bupati Jalan Jenderal Sudirman Kuala Kapuas, Kamis (16/5/2024).

Kegiatan pelatihan diikuti 100 orang peserta yang berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa dan perwakilan ormas serta dinas instansi di wilayah setempat.

Acara tersebut dibuka Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi yang diwakili Asisten III Setda Kapuas Muhammad Ahmad Saribi, serta dihadiri perwakilan Forkopimda dan sejumlah Kepala SKPD dan undangan lainnya.

"Saya berharap melalui kegiatan pelatihan ini dapat memberikan ilmu atau pemahaman terkait jurnalistik kepada masyarakat luas," kata Pj Bupati Kapuas dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten III Setda Kapuas, M. Ahmad Saribi.

"Dengan adanya pelatihan jurnalistik ini, pemerintah juga berharap agar masyarakat dapat selalu bijak dalam menyampaikan informasi maupun berita, baik kepada media massa maupun media sosial," kata M. Saribi.

Sementara narasumber dalam kegiatan tersebut disampaikan sejumlah wartawan senior yang memiliki wawasan jurnalistik yang luas dan sudah  berpengalaman dari PWI Provinsi Kalteng, dan PWI Kabupaten Kapuas.

Dalam pelatihan tersebut juga digelar sesi tanya jawab dari peserta kepada nara sumber terkait materi seputar jurnalistik.

Selain itu ada materi kehumasan dan cara bijak bermedia sosial  yang disampaikan nara sumber dari Dinas Kominfo Kapuas.

"Pelatihan wawasan jurnalistik dan kehumasan ini digelar dengan tujuan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait jurnalistik, sehingga dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam mendukung penyampaian informasi di lingkungan  sekolah atau di satuan kerjanya masing-masing," kata Ketua PWI Kapuas, Sri Hayati.

Dengan demikian, lanjut srikandi jurnalis di Kapuas ini, kualitas dari sebuah informasi dapat semakin meningkat. 

"Seiiring semakin meningkatnya  kemajuan pembangunan di Kabupaten Kapuas," pungkas Sri Hayati.

Sementara itu, para peserta tampak antusias menyimak materi-materi yang disampaikan para narasumber.

Muhammad Imron Rosikhin, peserta yang mewakili instansi Kelurahan Selat Tengah menyampaikan apresiasi kegiatan tersebut.

"Ini baru pertama kali kami mengikuti pelatihan jurnalistik, sangat menarik dengan materi-materi yang disampaikan sangat memberikan wawasan tentang jurnalistik dasar," ujarnya.

"Ini sangat menarik, harapannya ke depan ada kerjasama dari sekolah, perguruan tinggi, ormas ataupun instansi dengan PWI menggelar kegiatan serupa, sehingga kita bisa mewujudkan informasi publik yang akuntabel dan bisa dipertanggungjawabkan," pungkas Imron.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama