Sebanyak 150 JCH Diberangkatkan ke Tanah Suci

Sebanyak 150 JCH Diberangkatkan ke Tanah Suci


BUNTOK - Sebanyak 150 Jamaah Calon Haji (JCH) dari Kabupaten Barito Selatan (Barsel) telah diberangkatkan ke tanah suci Mekkah, Minggu (19/5/2024).

Pelepasan JCH ini dilakukan di selasar Masjid Agung Baiturrahman Buntok dengan dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Barsel, H Deddy Winarwan yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Mirwansyah, Forkopimda, tokoh agama, dan keluarga pengantar.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Barsel menyampaikan bahwa ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib ditunaikan bagi umat Islam yang mampu.

Beliau berpesan kepada seluruh JCH untuk mantapkan hati dan satukan niat untuk beribadah hanya semata-mata kepada Allah SWT, tunaikan rukun Islam ini sesuai syariat, berlomba-lomba lah berbuat kebaikan, hindarilah perkataan yang kotor, berselisih paham, jauhilah sifat sombong, iri dan dengki.

"Bapak ibu sebagai tamu dari suatu negara, tunjukkan sikap santun dan jaga martabat bangsa Indonesia khususnya nama baik kabupaten Barito Selatan. Jangan lupa jaga kesehatan serta pola hidup sehat secara disiplin, sehingga seluruh rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan sempurna," pesan Pj Bupati Barsel.

JCH Barsel tahun ini terdiri dari 69 laki-laki dan 81 perempuan yang berasal dari enam kecamatan di Barsel. JCH tertua tahun ini berusia 79 tahun atas nama Sirun Mustalip dari Kecamatan Dusun Selatan, sedangkan termuda berusia 23 tahun atas nama Adelia binti Durahman dari Desa Babai, Kecamatan Karau Kuala.

Sebelum diberangkatkan, JCH Barsel menerima bendera lambang Kabupaten Barsel dari Asisten III. Acara pelepasan ini juga diwarnai dengan doa bersama untuk keselamatan dan kelancaran ibadah JCH, serta doa untuk Kabupaten Barsel agar selalu aman dan tenteram.

Pada kesempatan ini, Pj Bupati Barsel juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan selama memimpin Barsel. Beliau akan mengakhiri masa jabatannya pada tanggal 24 Mei 2024.

"Terutama saya yang akan mengakhiri masa jabatan selaku Pj Bupati Barsel tanggal 24 Mei mendatang, mohon maaf atas segala kekurangan selama saya memimpin Barito Selatan," ujar Pj Bupati Barsel.

JCH Barsel diberangkatkan dari embarkasi Banjarmasin pada Senin 20 Mei 2024 pukul 21.15 WITA dan terbang ke Madinah untuk memulai ibadah haji. JCH Barsel dijadwalkan kembali ke tanah air pada tanggal 2 Juli 2024.

Pemerintah dan masyarakat Barsel memberikan dukungan penuh kepada JCH Barsel. Mereka berharap JCH dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar dan khusyuk, serta kembali ke tanah air dengan selamat dan membawa keberkahan bagi Barsel.[adv/harlianto]

Lebih baru Lebih lama