Tanah Bumbu Komitmen Sanitasi dan Air Minum Aman untuk Masyarakat

Tanah Bumbu Komitmen Sanitasi dan Air Minum Aman untuk Masyarakat

BATULICIN — Tim Penilai Wasaka Aword Provinsi Kalimantan Selatan mengunjungi Tanah Bumbu, dalam kunjungannya Pemerintah Daerah Bumi Bersujud ini berkomitmen menghadapi persoalan sanitasi dan air minum untuk masyarakat.

Pertemuan Tim Penilai Wasaka Aword Provinsi Kalimantan Selatan, dalam ekspose perumahan dan kawasan pemukiman, kelompok kerja (Pokja PKP) Kabupaten Tanah Bumbu, di Ruang Rapat Sekda Tanah Bumbu, Selasa (21/05/2024).

Kegiatan ini dibuka secara langsung, oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Bumbu, H Ambo Sakka, di hadiri oleh Kepala Bappedalitbang, Kepala PDAM, serta lintas SKPD terkait dan Tim Penilai dari Prov Kalsel.

Dalam sambutannya, Sekda Ambo Sakka mewakili Pemerintah Daerah menyampaikan, penghargaan dan rasa terimakasih atas kunjungan Tim Penilai Provinsi.

Dikatakan Sekda, jika Tanah Bumbu sama dengan kabupaten/kota lainnya, dalam menghadapi persoalan sanitasi dan air minum aman di pemukiman.

Tanah Bumbu di sebut Sekda memiliki multidimensi, dimana sektor pertambangan dan perkebunan yang cukup mendominasi. 

Dalam hal ini Pemerintah Daerah, juga berupaya untuk koordinasi dengan para perusahaan untuk pengelolaan sanitasi khususnya air minum yang aman. 

Pemerintah Daerah di ungkapkan Sekda, telah melakukan intervensi baik secara nasional maupun secara kabupaten.

Membutuhkan waktu, terutama dalam mengubah paradigma masyarakat di pemukiman, terkait kebersihan dan kesehatan mencakup sanitasi.

“Ini merupakan tantangan yang kami yakini, Tanah Bumbu mampu menuntaskannya,” ujar Sekda Ambo Sakka.

Dilanjutkannya, bersama PDAM telah di pasang sekitar kurang lebih 37.000 sambungan air bersih ke masyarakat, ditambah lagi air bersih dari hasil inovasi reklamasi dari perusahaan. Sehingga persentase air bersih yang bisa di nikmati masyarakat cukup besar.

“ Pemerintah Daerah sangat berkomitmen, terutama dalam memperhatikan terkait kualitas hidup masyarakat,” pungkas Sekda Tanah Bumbu.

Adapun Sekda, juga meminta saran serta masukan sebagai langkah positif Pemerintah Daerah kepada Tim Penilai Wasaka Aword Prov Kalsel.

Acara selanjutnya yakni ekspose perumahan dan kawasan pemukiman, kelompok kerja (Pokja PKP) Kabupaten Tanah Bumbu, yang di paparkan oleh Kepala Bappedalitbang Tanah Bumbu, Andi Anwar Sadat bersama tim.[ade]

Lebih baru Lebih lama