Wakili Kalsel, Acil Jawa dari Tanah Bumbu Ikut Kejurnas Hiu Selatan Hard Enduro 2024 di Cilacap

Wakili Kalsel, Acil Jawa dari Tanah Bumbu Ikut Kejurnas Hiu Selatan Hard Enduro 2024 di Cilacap

BATULICIN — Acil Jawa atlet balap perempuan dari Kabupaten Tanah Bumbu mewakili Kalimantan Selatan pada Kejurnas Hiu Selatan 2024 di Cilacap, Jawa Tengah, yang digelar pada tanggal 5-7 Juli  mendatang.

Pada Kejurnas Hiu Selatan Hard Enduro Acil Jawa ikut dalam Class Women, Bike KLX, Galuh Outosport Borneo.

"Pada Kejurnas di Cilacap, saya tidak sendiri, tapi didampingi dua orang lainnya, untuk mewakili Kalimantan Selatan," kata Jawa, Selasa (21/5/2024).

Acara ini diharapkan menjadi Hard Enduro yang paling menghibur di dunia, dengan tagline “The World’s Most Entertaining Hard Enduro”.

Menurut Organize Committee, Diah Ayu Satriani, event ini akan menampilkan kearifan lokal budaya Indonesia dan trek menantang dari “The Sheen of Jawa”. Ada sekitar 30 pembalap top dari Kejuaraan Enduro Dunia dan pembalap Asia Pasifik lainnya yang akan turun dalam event ini.

Bagi Acil Jawa yang memiliki nama asli Juahir — dan sekarang ini bekerja di Bagian Umum Setda Kabupaten Tanah Bumbu — dunia balap baginya sudah makanan hari-hari.

Berbagai kerjuaran daerah dan nasional sudah sering diikutinya. Dan beberapa kejuaraan tersebut pernah dimenangkannya. 

"Setiap event saya ikuti, di Kotabaru pada tahun 2022 misalnya, pada kelas internasional, saya keluar juara pertama," ungkap Acil Jawa yang juga  dikenal dengan nama "panggung" Jabon 488.

Untuk menghadapi Kejurnas tersebut Acil Jawa terus berlatih agar tampil prima dan tentunya diharapkan mendapatkan prestasi tertinggi yaitu menjadi juara satu.

Sebagai pembalap wanita, Acil Jawa terus semangat dalam berlatih karena dia didukung oleh Kadiskominfo Tanah Bumbu Al Husain Mardani dan Kabag Umum Setda Kabupaten Tanah Bumbu Muhammad Risdianadi atau akrab dipanggil Bang Adi.

"Beliau berdua selalu support saya," jelasnya.

Sebagai pembalap wanita, baginya patah tangan dan lainnya saat lomba ataupun latihan, tidak membuat patah semangat. Tapi membuatnya semakin giat berlatih.

"Patah atau cedera di tangan sudah biasa menurut saya. Patah, sembuh dan berlatih lagi," ungkap Acil Jawa, ibu singleparent, yang menekuni dunia balap motor sejak 2016.

Acil Jawa saat ini tergabung dalam Galuh Outosport Borneo, satu-satunya klub balap wanita yang ada di Kalimantan Selatan dengan jumlah anggota 21 orang.[ade]

Lebih baru Lebih lama