Ajang Festival Seni Qasidah Lasqi Kapuas, Kontingen Kecamatan Selat Raih Juara Umum

Ajang Festival Seni Qasidah Lasqi Kapuas, Kontingen Kecamatan Selat Raih Juara Umum

SUASANA penutupan Festival Seni Qasidah Lasqi 2024 tingkat Kabupaten Kapuas.| foto : zulkifli 

KUALA KAPUAS - Festival Seni Qasidah (FSQ) yang diadakan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Nusantara Jaya Kabupaten, resmi berakhir dan ditutup secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi, pada Sabtu (22/6/2024) malam, di panggung lapangan Bukit Ngalangkang Jalan Mayjen Suprato Kuala Kapuas.

Dalam event FSQ tingkat kabupaten kali ini, kontingen Kecamatan Selat berhasil meraih juara umum dan berhak menerima piala Pj Bupati Kapuas.

Selanjutnya disusul Kecamatan Basarang sebagai juara kedua dan Kecamatan Kapuas Timur peringkat ketiga.

Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang dan juara.

"Selamat kepada para pemenang yang berhasil meraih juara dari masing-masing kategori yang diperlombakan. Atas kehadiran kita ini selain dilandasi semangat juga untuk meraih prestasi yang membawa harum nama kecamatan masing-masing, ke depannya menjadi lebih baik, menjadi lebih mampu serta berprestasi di tingkat yang lebih tinggi baik tingkat provinsi bahkan tingkat nasional," papar Erlin Hardi. 

Bagi peserta yang belum berhasil meraih juara Pj Bupati memotivasi agar terus semangat dan putus asa untuk terus berusaha.

Sementara, Ketua Panitia Penyelenggara, Agustina Sri Rejeki menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemkab Kapuas khususnya Pj Bupati Kapuas yang telah mendukung penuh dan men-suport acara tersebut.

"Kegiatan ini bertujuan memperkuat syiar Islam dalam mendorong seni qasidah secara merata serta memotivasi generasi muda mencintai budaya bernuansa Islam seta bisa memajukan seni qasidah di kecamatan masing-masing," kata Agustina.

"Terima kasih kepada peserta dari 17 kecamatan yang telah mengikuti kegiatan tersebut," tambahnya lagi.

Ketua DPD Lasqi Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat sebelumnya mengatakan, Festival seni qasidah yang kedua ini diikuti 345 peserta dari 17 kecamatan.

Cabang-cabang yang dilombakan mulai dari bintang vokalis anak, remaja dan dewasa dan pop religi dan klasik.

Dikatakannya, dari masing-masing cabang lomba tersebut ada kejuaraannya, selain itu ada 7 grub rebana dari 7 kecamatan yang akan bertanding.

Ditambahkan oleh Ketua DPD Lasqi Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat dari hasil lomba ini sekaligus menjadi ajang seleksi.

"Yang mana hasil seleksi diikutsertakan pada festival seni qasidah tingkat Provinsi Kalimantan Tengah bulan Agustus 2024 mendatang," kata Suwarno.

Para juara dalam ajang FSQ tersebut selain mendapatkan piala dan penghargaan juga diberikan uang pembinaan.

Hadir dalam acara penutupan tersebut perwakilan Forkopimda, Sekda Kapuas Septedy, Ketua DWP Appolonia, perwakilan Lasqi Provinsi Kalteng, para Kepala OPD serta undangan lainnya.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama