Badan Kesbangpol dan Purna Paskibraka Kapuas 2023 Kaji Banding ke DPPI Yogyakarta

Badan Kesbangpol dan Purna Paskibraka Kapuas 2023 Kaji Banding ke DPPI Yogyakarta

KAJI banding purna Paskibraka Kapuas 2023 di DI Yogyakarta.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Guna meningkatkan wawasan kebangsaan purna Paskibraka Kapuas tahun 2023 melakukan kaji banding ke Duta Pancasila Purnapaskibraka Indonesia (DPPI) Kota Yogyakarta, Kamis (13/6/2024).

Dalam kegiatan yang difasilitasi Badan Kesbangpol Kabupaten Kapuas ini purna Paskibraka Kapuas diterima oleh DPPI Yogyakarta di Kantor Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta. 

Adapun jumlah anggota Purna Paskibraka sebanyak 29 orang. Kegiatan ini dipimpin langsung Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten, Yunabut.

Kunjungan rombongan Kapuas disambut oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta Widyastuti SS. M.Hum.

"Terima kasih atas kepercayaan ke kota Yogyakarta dan selamat menikmati kuliner dan wisata disini," kata Widyastuti.

Di tempat yang sama, Suryonugroho Adjie S.psi selaku Ketua Tim Kerja Bidang Paskibraka dan perwakilan DPPI menjelaskan pihaknya akan mengadakan pelatihan duta Pancasila dengan meningkatkan kreatifitas dalam membuat konten kreatif tentang Pancasila. 

"Kegiatan bakti sosial dan parade seni di jalan Malioboro, juga menjadi warna dari DPPI," kata Suryo.

Sementara Kepala Badan Kesbangpol Kapuas, Yunabut mengucapkan terima kasih atas sambutannya yang ramah kepada Purna Paskibraka Kabupaten Kapuas. 

Menurut Yunabut, kaji banding sebagai bentuk penghargaan bagi Purna Paskibraka tahun 2023 yang telah melaksanakan tugas dengan baik saat pengibaran bendera upacara HUT Republik Indonesia Tahun 2023 dan 1 Juni 2024 Hari Lahir Pancasila.

Kegiatan ini juga sekaligus menambah dan membuka wawasan para purna Paskibraka. 

"Menjadi anggota Paskibraka tidak mudah sebab melalui seleksi yang ketat untuk itu perlu dibina karena menjadi penerus kepemimpinan ke depan, selain itu mereka dipersiapkan sebagai Duta Pancasila yang merupakan mitra Pemda dalam pengarusutamaan Pancasila di masyarakat," kata mantan Kepala Satpol PP Kapuas ini.

Usai melakukan kunjungan ke Kesbangpol Yogyakarta, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi museum Dirgantara Yogyakarta,  monumen Yogya Kembali (Monjali) dan monumen serangan umum 1 Maret serta Benteng Vreden Burg.[zulkifli/adv]

Lebih baru Lebih lama