Dinsos Kapuas Terima Audensi Bawaslu Koordinasi Data Pemilih Disabilitas

Dinsos Kapuas Terima Audensi Bawaslu Koordinasi Data Pemilih Disabilitas

KADINSOS Kabupaten Kapuas, Yanmarto, saat menerima audensi jajaran Bawaslu Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas, menerima kunjungan jajaran Bawaslu Kabupaten Kapuas, dengan agenda koordinasi terkait data pemilih disabilitas, Jumat (22/6/2024).

Kunjungan dipimpin Ketua Bawaslu Kapuas, Iswahyudi Wibowo bersama dua anggota Bawaslu diterima langsung Kepala Dinsos Kapuas, Yanmarto, di ruang kerjanya.

"Kami menerima audiensi dari Bawaslu Kabupaten Kapuas. Kegiatan ini dalam rangka mendukung penguatan pengawasan Bawaslu khusus pada calon pemilih penyandang disabilitas," kata Yanmarto.

Dilanjutkannya, sesuai permintaan Bawaslu telah menyiapkan data penyandang disabilitas yang ter-update.

Sementara, Ketua Bawaslu, Iswahyudi Wibowo menyampaikan, penyandang disabilitas juga menjadi perhatian Bawaslu dalam Pemilu atau Pilkada yang mempunyai hak yang sama seperti warga negara lainnya dalam menggunakan hak pilih.

"Sehingga dalam tahapan pemutahiran data pemilih harus menjadi perhatian semua pihak.
Pemetaan domisili penyandang disabilitas di 17 kecamatan Kabupaten Kapuas diperlukan juga utk pembuatan TPS agar ramah dengan penyandang disabilitas sehingga mudah diakses," lontar Iswahyudi.

Menurutnya, data yang disampaikan oleh Dinsos Kapuas akan menjadi acuan Bawaslu untuk croschek di lapangan sebagai bahan penyanding dalam pemutahiran data pemilih.

"Sehingga rekan-rekan disabilitas dipastikan masuk dalam data pemilih untuk Pilkada serentak 2024," ujarnya.

Terakhir, Iswahyudi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinsos Kabupaten Kapuas telah diterima dengan baik.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama