Diskominfo SP Gelar Bimtek Masterplan Smart City dan Quick Win

Diskominfo SP Gelar Bimtek Masterplan Smart City dan Quick Win

BATULICIN — Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Tanah Bumbu Menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan Tahap l Tahun 2024, di ruang DLR Lantai 4 Kantor Bupati setempat, Selasa (11/6/2024).

Bimtek ini dibuka secara resmi Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar di wakili Asisten Administrasi Umum Narni.

Pada sambutan Bupati Abah Zairullah Azhar yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Narni mengatakan, atas nama pemerintah daerah menyambut baik dan sangat mengapresiasi dengan terlaksananya bimtek penyusunan masterplan smart city dan quick win program unggulan tahap 1 di Kabupaten Tanah Bumbu.

Penyusunan Masterplan Smart City dimaksudkan untuk menyusun dokumen perencanaan pembangunan dan pengembangan smart city dikabupaten tanah bumbu, yang berisi tentang inisiatif-inisiatif program beserta peta jalannya (road map) yang kemudian menjadi panduan dan alat bantu bagi pemerintah daerah.

Kepala Diskominfo SP Tanah Bumbu Al Husain Mardani dalam sambutannya mengatakan, bimbingan teknis ini akan membantu keterbukaan informasi publik, Informasi dan transaksi dan pemerintahan yang berbasis elektronik, agar nantinya bermanfaat bagi masyarakat dan terciptanya presepsi serta terbentuknya komitmen yang sama untuk membangun dan memajukan Kabupaten Tanah Bumbu melalui kota cerdas.

Sementara itu, Tenaga Ahli Masterplan Smart City Fitrah Rachmat Kautsar mengatakan, saat ini sudah terdapat 251 kabupaten yg memiliki dokumen perencanaan Smart City di seluruh Indonesia.

Kabupaten Tanah Bumbu menjadi salah satu kabupaten sebagai Smart City karena ini adalah program jangka panjang agar nantinya membantu dalam penyusunan dan perencanaan pendapatan daerah.

Quick Win adalah program jangka pendek yang menjadi program unggulan Smart City Tanah Bumbu. Program ini sudah bisa di wujudkan tahun ini atau tahun depan.

Bimtek ini dihadiri oleh para pejabat lingkup pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, camat/lurah dan kepala desa, serta pimpinan perusahaan dan peserta bimbingan teknis lainnya.[ade]

Lebih baru Lebih lama