Era Globalisasi dan Teknologi, Generasi Muda tetap Harus Lestarikan Seni Budaya

Era Globalisasi dan Teknologi, Generasi Muda tetap Harus Lestarikan Seni Budaya

BUNTOK - Pelaksanaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tingkat Provinsi Kalteng tahun 2024 beberapa waktu lalu, diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan pada budaya dalam diri masyarakat, khususnya generasi muda yang ada di Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Hal ini seperti disampaikan Anggota DPRD Barsel, Rusinah Andelen. Ia menyebut generasi muda harus benar-benar mengetahui, mengenal, mencintai dan juga melestarikan seni budaya serta olahraga tradisional yang dimiliki.

"Sekarang ini perkembangan pada era globalisasi dan kemajuan teknologi menyebabkan beragam kesenian dan budaya dari luar negeri dengan mudah masuk ke Indonesia, termasuk di Kabupaten Barsel," ucap Rusinah, Kamis (6/6/2024).

Menurut wakil rakyat dari partai Nasdem ini, seperti aplikasi game online dengan beragam jenis permainan yang disukai generasi muda dan mudah dimainkan di gawai. Keberadaannya itu berpotensi mengancam kecintaan dan kelestarian terhadap permainan tradisional.

Dengan adanya FBIM yang mempertandingkan berbagai cabang lomba di bidang seni budaya dan olahraga tradisional, diharapkan mampu menumbuhkan serta perkuat kecintaan terhadap seni budaya dan olahraga tradisional di tengah kemajuan teknologi.

“Kami ingin kecintaan generasi muda terhadap seni budaya dan permainan tradisional dapat semakin tumbuh,” pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama