Langka, Ikan Arwana Perlu Dijaga dan Dilestariakn Habitatnya

Langka, Ikan Arwana Perlu Dijaga dan Dilestariakn Habitatnya

BUNTOK - Ikan Arwana merupakan salah satu spesies ikan yang hidup dan berkembang biak di wilayah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah. Karena itu, perlu dijaga dan dilestarikan.

Hal ini ditekankan Sekretaris Daerah (Sekda) Barsel, Edy Purwanto dalam sambutannya sebelum melepasliarkan sepuluh Arwana di Danau Malawen Desa Sanggu, Senin (3/5/2024).

Ia mengatakan, proyek Ifish bersama Pemkab Barsel ini berperan aktif dalam merumuskan dan mengimplementasikan regulasi serta kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan perikanan darat. 

"Kerangka regulasi ini berusaha menyeimbangkan antara tujuan konservasi dan kebutuhan sosial ekonomi masyarakat lokal serta memastikan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan," jelasnya. 

Menurutnya, sebagai puncak dari upaya ini pihaknya sangat bangga Barito Selatan menjadi lokasi pelepasliaran Arwana. Untuk ini, bekerja sama dengan FAO Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Pemkab Barsel melalui  Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Barito Selatan (DKPPP) sebagai dinas teknis, serta para pemangku kepentingan lainnya.

"Acara ini tidak hanya menandai tonggak penting dalam konservasi Arwana, tetapi juga menandakan pembentukan kawasan konservasi perikanan, yang menunjukkan komitmen kami terhadap keberlanjutan jangka panjang dalam pengelolaan perairan darat di wilayah Barsel," pungkasnya.[adv/harlianto]

Lebih baru Lebih lama