Longsor di Desa Emil Baru Kecamatan Mantewe, BPBD Imbau Masyarakat Berhati-hati

Longsor di Desa Emil Baru Kecamatan Mantewe, BPBD Imbau Masyarakat Berhati-hati

BATULICIN — Longsor di KM 89 Desa Emil Baru RT. 03 Kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu menghimbau masyarakat untuk berhati-hati ketika melintasi jalan tersebut.

Tanah longsor yang disebabkan oleh curah hujan tinggi telah memakan badan jalan hingga pengguna roda empat dan roda enam tidak dapat melintasi jalan tersebut.

“Untuk sementara jalan hanya difungsikan untuk pengguna roda dua,” kata Kepala BPBD Tanah Bumbu Sulhadi ketika ditemui di kantornya, Kamis (20/6/2024).

Dilaporkan, bencana longsor tersebut terjadi pada Selasa (18/6/2024), dan tidak ada memakan korban.

Disampaikan Sulhadi, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional, sehingga telah dilakukan tindak lanjut membenahi jalan tersebut.

Untuk saat ini dalam proses pengerjaan memasang pancang yang kemudian akan di urug. “Memang pekerjaannya tidak bisa cepat, karna jurangnya sangat tinggi, ” ungkapnya.

Curah hujan yang tinggi, masih tidak menutup kemungkinan akan terjadinya longsor susulan, sehingga masyarakat dihimbau untuk selalu berhati-hati dan tidak melintasi jalan tersebut jika dalam kondisi curah hujan tinggi.

Ia berharap, setelah perbaikan jalan longsor tersebut, sudah tidak ada lagi longsor susulan.[ade]

Lebih baru Lebih lama