Mulai Sabtu ini Pengaspalan di Km 171 akan Dikerjakan Dinas PUPR Tanah Bumbu

Mulai Sabtu ini Pengaspalan di Km 171 akan Dikerjakan Dinas PUPR Tanah Bumbu

BATULICIN — Dalam waktu dekat jalan alternatif di Km 171, Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu akan dilakukan pengaspalan oleh Dinas PUPR setempat sehingga arus lalu lintas di sana semakin mulus.

Plh. Kabid Bina Marga Dinas PUPR Tanah Bumbu Suryadi pada Selasa (25/6/2024) mengatakan, sabtu atau minggu depan sudah dilakukan pengapian di lokasi jalan alternatif tersebut.

Rencana pengaspalan yang menelan dana Rp13 miliar itu sebagai rasa tanggung jawab Pemda Tanah Bumbu dan kepedulian Bupati Abah Zairullah Azhar, padahal itu menjadi tanggung jawab Balai Jalan Nasional.

Sebab jalan yang longsor di Km 171 milik Balai Jalan Nasional, bukan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Kondisi jalan yang akan diaspal, menurut Suryadi, sudah cukup padat, dan sebelum dilakukan pengaspalan akan dirapikan terlebih dulu.  Pengaspalan yang dilakukan nanti standarnya seperti jalan nasional.

Dengan biaya yang cukup besar  — Rp 13 miliar — proyek ini harus menggeser proyek-proyek lainnya. Sesuai rencana pekerjaan proyek jalan alternatif ini akan selesai pada bulan Juli atau Agustus 2024 mendatang.

Berdasarkan pemantauan media ini di lapangan, sebagian jalan alternatif tersebut sudah ada yang diaspal.
 
Ketika dilakukan pengaspalan di jalan alternatif, ungkap Suryadi, pasti terjadi kemacetan, sehingga arus lalu lintas dilakukan dengan cara buka tutup.

Karena itulah Dinas PUPR Tanah Bumbu nantinya akan minta bantu dengan kecamatan setempat, Polsek, dan Dinas Perhubungan Tanah Bumbu untuk melakukan rekayasa lalu lintas.[ade]

Lebih baru Lebih lama