Pemprov Kalteng Salurkan 35 Ekor Sapi Kurban untuk Pemkab Barsel

Pemprov Kalteng Salurkan 35 Ekor Sapi Kurban untuk Pemkab Barsel

SEKDA Provinsi Kalteng, Nuryakin saat menyerahkan secara simbolis bantuan hewan kurban.| foto : istimewa

BUNTOK - Menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Nuryakin menyerahkan sapi kurban sebanyak 35 ekor di wilayah Pemerintan Kabupaten Barito Selatan (Pemkab Barsel).

Penyerahan sapi kurban itu dilakukan bersamaan dengan digelarnya pasar murah Kalteng Berbagi Berkah di Taman Iring Witu Kota Buntok, Kamis (13/6/2024).

"Keinginan kita semua di Pemerintah Provinsi, keinginan Bapak Gubernur, serta Pemerintah Kabupaten bagaimana pemerintah bisa hadir ditengah-tengah masyarakat. Hadir dalam artian membantu, mempermudah urusan-urusan masyarakat," ucap Sekda Nuryakin.

Nuryakin mengungkapkan bahwa Gubernur di setiap kesempatan selalu mengatakan jangan sampai ada satu orang pun masyarakat yang kelaparan dan sakit.

"Kita akan mengupayakan bantuan-bantuan yang bisa meringankan beban masyarakat," tuturnya.

Ia menguraikan, pasar murah ini digelar sekaligus untuk menekan inflasi di wilayah Kalteng. Dikatakannya, menjelang hari besar keagamaan harga bahan pokok seringkali mengalami kenaikan sehingga daya beli masyarakat berkurang serta dapat menimbulkan inflasi.

"Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri menginstruksikan agar segera melakukan pasar murah," imbuhnya.

Disampaikan Sekda, pada Pasar Penyeimbang ini disediakan 1600 paket sembako senilai Rp192.500, masing-masing paket berisikan beras 10 kg dan minyak goreng 1 liter. Paket sembako disubsidi oleh Pemerintah Provinsi sebesar Rp172.500, sehingga masyarakat hanya membayar sebesar Rp20.000, per paket. Kemudian, kembali di subsidi oleh Sekda Provinsi Kalteng maka bantuan sembako tersebut dapat diperoleh masyarakat secara gratis. 

Dalam kegiatan tersebut, disediakan Gas LPG 3 kg dengan harga tebus Rp20.000, dengan syarat membawa fotocopy KTP dan membawa tabung kosong.

Selanjutnya, Nuryakin menambahkan, terkait bantuan sapi sebanyak 35 ekor nantinya akan dibagikan ke tiap Kecamatan dan Masjid terpilih di wilayah Kabupaten Barsel.

"Tidak hanya dari provinsi, tentunya pemerintah kabupaten pun juga akan bersinergi," pungkasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama