Peningkatan Mutu Padi, Bupati Kotabaru Tinjau Panen di Desa Berangas

Peningkatan Mutu Padi, Bupati Kotabaru Tinjau Panen di Desa Berangas

KOTABARU - Bupati Kotabaru, Sayed Jafar menghadiri acara panen padi sawah kelompok tani Berkat Usaha Mandiri Desa Berangas, Kecamatan Pulau Laut Timur, Kotabaru, Selasa (11/6/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kotabaru dengan tujuan meningkatkan mutu intensifikasi agrobisnis padi sawah seluas 100 hektar yang tersebar di lima lokasi.

Acara dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Asisten, Forkopimda, Ketua PKK, dan Camat. Tidak ketinggalan, kelompok tani Berkat Usaha Mandiri dan Kepala Desa Pulau Laut Timur turut hadir untuk mendukung dan berpartisipasi dalam panen padi sawah ini. Kehadiran mereka menjadi bukti nyata kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan sektor pertanian.

Bupati Sayed menyampaikan rasa syukur dan bangganya kepada para petani yang tergabung dalam kelompok tani Berkat Usaha Mandiri Desa Berangas serta semua pihak yang terlibat atas kerja keras dan dedikasi mereka. 

“Panen padi hari ini dapat terlaksana dengan lancar berkat kerja keras, dedikasi, dan kerjasama semua pihak,” ujar Bupati.

Ia berharap kegiatan panen ini dapat memotivasi seluruh petani, masyarakat, dan jajaran pertanian untuk terus meningkatkan produksi dan produktivitas usaha tani, khususnya padi.

"Kami berharap panen raya kelompok tani Berkat Usaha Mandiri ini bisa mencapai 6,5 ton per hektare sekali panen. Melihat daerah lain di Kotabaru, seperti di Pembelacanan, bisa panen hingga 11 ton per hektarnya, dan ini terus kita dorong para kelompok tani agar lebih giat bercocok tanam," tuturnya. 

Salah satu aspek yang perlu diperbaiki adalah irigasi, karena daerah ini memiliki mata air sendiri yang tetap bisa digunakan bahkan di musim kemarau.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kotabaru, Saperian, S.St menyampaikan, panen raya ini salah satu upaya peningkatan mutu intensifikasi (PMI) di tahun 2024 adalah dengan penggunaan benih unggul dan sarana produksi yang tepat guna. Program ini diharapkan menjadi contoh bagi kegiatan pertanaman padi di lokasi lain di wilayah Kabupaten Kotabaru.

"Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian melaksanakan kegiatan peningkatan mutu intensifikasi agrobisnis padi sawah seluas 100 hektar di lima lokasi, yaitu Desa Berangas Kecamatan Pulau Laut Timur, Desa Salino Kecamatan Pulau Laut Tengah, Desa Sungai Hanyar Kecamatan Kelumpang Utara, dan Desa Bakau Kecamatan Pamukan Utara," ucapnya. 

Dengan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah daerah untuk meningkatkan hasil produksi padi dengan mengusulkan penambahan kuota pupuk bersubsidi ke Pemerintah Pusat.

"Saya berharap dengan jumlah pupuk urea diusulkan meningkat dari 966.882 ton menjadi 1.623.098 ton, pupuk NPK dari 932.161 ton menjadi 1.992.788 ton, dan pupuk organik dari yang sebelumnya tidak ada menjadi 1.228.659 ton, jelas Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian," pungkasnya.[zainuddin]
Lebih baru Lebih lama