Pj Bupati Kapuas Apresiasi Gelaran Festival Seni Qasidah Lasqi

Pj Bupati Kapuas Apresiasi Gelaran Festival Seni Qasidah Lasqi

SUASANA pembukaan Festival Seni Qasidah Lasqi 2024 tingkat Kabupaten Kapuas.| foto : zulkifli 

KUALA KAPUAS - Pembukaan Festival Seni Qasidah (FSQ) yang diadakan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Seni Qasidah Indonesia 
(Lasqi) Kabupaten Kapuas digelar lapangan Bukit Ngalangkang Jalan Mayjen Suprato Kuala Kapuas, Jumat (21/6/2024) sore.

Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi yang diwakili Asisten III Setda Kapuas, Ahmad M. Saribi  secara resmi membuka festival seni Islami tersebut.

Pj Bupati Kapuas dalam sambutan tertulis menyatakan sangat mendukung dan mengapresiasi festival tersebut.

"Pemerintah daerah, dalam hal ini saya mewakili Pj Bupati Kapuas menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada DPD Lasqi yang telah menggelar kegiatan festival ini," kata M.Saribi.

Menurutnya, kegiatan ini sangat positif untuk mengembangkan nilai-nilai budaya dan seni. Festival ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga momentum yang tak ternilai dalam upaya melestarikan dan menghormati seni dan qasidah.

"Memang tujuan dari kegiatan ini adalah membentuk sumber daya manusia dan meningkatkan ukuah islamiyah kemudian juga menjalin silaturahmi," imbuhnya.

Menurutnya, kesenian qasidah hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai bentuk budaya yang harus dilestarikan dan dikembangkan

Sementara, Ketua Panitia Penyelenggara, Agustina Sri Rejeki menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemkab Kapuas khususnya Pj Bupati Kapuas yang telah mendukung penuh dan men-suport acara tersebut.

"Festival seni qasidah yang ke dua ini diikuti 345 peserta dari 17 kecamatan. Cabang-cabang yang dilombakan mulai dari bintang vokalis anak, remaja dan dewasa dan pop religi dan klasik," kata Agustina.

Dikatakannya, dari masing-masing cabang lomba tersebut ada kejuaraannya, selain itu ada 7 grub rebana dari 7 kecamatan yang akan bertanding.

Ditambahkan oleh Ketua DPD Lasqi Kabupaten Kapuas Suwarno Muriyat dari hasil lomba ini sekaligus menjadi ajang seleksi.

"Yang mana hasil seleksi diikutsertakan pada festival seni qasidah tingkat Provinsi Kalimantan Tengah bulan Agustus 2024 mendatang," kata Suwarno.

Menurutnya, perwakilan Kapuas  dalam dua tahun terakhir berhasil mengharumkan nama daerah dengan menyabet juara hingga ke tingkat nasional.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama