Pj Bupati Kapuas Tinjau Langsung Lokasi Musibah Kebakaran dan Serahkan Bantuan

Pj Bupati Kapuas Tinjau Langsung Lokasi Musibah Kebakaran dan Serahkan Bantuan

PENJABAT Bupati Kapuas, Erlin Hardi ST saat meninjau lokasi musibah kebakaran di Kapuas Barat.| foto : dinsoskps

KUALA KAPUAS - Respon cepat terhadap musibah kebakaran yang terjadi pada Rabu (19/6/2024) malam di Desa Saka Tamiang Kecamatan Kapuas Barat. Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi ST bersama Kepala OPD terkait, pagi Kamis (20/6/2024) langsung ke lokasi mengunjungi langsung warganya yang tertimpa musibah.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi bersama Pj Ketua TP PKK Agustina Sri Rejeki dan Kepala Dinsos Kapuas Yanmarto dan Plt Kepala BPBD Fakhruransi dan Kepala OPD lain meninjau secara langsung sejumlah bangunan warga yang dilalap api dan menyampaikan empati serta menyalurkan bantuan awal kepada para korban.

"Seperti diketahui tadi malam telah terjadi musibah kebakaran, sekitar tujuh unit rumah yang terbakar habis. Tentunya pemerintah daerah melalui dinas terkait, khususnya Dinas Sosial, BPBD memberikan bantuan," kata Erlin.

Lanjut Erlin Hardi, di samping itu juga nanti Pemkab Kapuas akan menyalurkan bantuan uang tunai untuk rehab rumah warga yang terbakar.

"Tentunya dengan anggaran yang ada ini kita harapkan bisa membantu meringankan korban masyarakat kita yang terdampak kebakaran," kata Erlin. 

"Ini juga kami harapkan warga Kabupaten Kapuas agar selalu meningkatkan kehati-hatian," imbaunya.

Selanjutnya, Erlin Hardi menandaskan kepada OPD terkait agar bisa mengalokasikan peralatan pemadam kebakaran portabel khususnya bagi kawasan padat penduduk.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kapuas, Yanmarto mengatakan bantuan awal yang disalurkan berupa makanan siap saji, karpet, kasur matras.

"Serta perlengkapan lain seperti baju, peralatan mandi, perlengkapan untuk anak," kata Yanmarto.

Data sementara dari BPBD Kapuas musibah kebakaran terjadi Rabu, 16 Juni 2024 sekira jam 19.00 Wib. Lokasi kejadian tepatnya di Jalan Lunuk Ramba I, Desa Saka Tamiang, Kecamatan Kapuas Barat.

Dari musibah tersebut 5 unit rumah dan 1 warung terbakar mengalami rusak berat serta 1 unit sepeda motor turut hangus, korban terdampak 5 kepala keluarga dengan 16 jiwa.

Untuk penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan aparat yang berwenang.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama