Program Desa Cerdas Kembangkan Kemampuan Jurnalistik Warga Dua Desa di Mantangai

Program Desa Cerdas Kembangkan Kemampuan Jurnalistik Warga Dua Desa di Mantangai

PELATIHAN jurnalistik di Desa Mantangai Hilir Kecamatan Mantangai.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Untuk membentuk kader-kader jurnalis desa yang profesional dalam membuat dan menyampaikan isi berita, termasuk kode etik dan penguasaan bahasa yang baik untuk pengembangan platform desa cerdas Pemerintah Desa Mantangai Hilir Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas menggelar Pelatihan Jurnalistik Desa, Selasa (25/6/2024). 

Kegiatan bertempat di Aula Korwil Bidang Pendidikan setempat diikuti PKK Desa  Kader Pos Yandu Pendamping Lokal Desa (PLD) serta para pelajar 

Kegiatan dibuka Sekretaris Desa Mantangai Hilir, Arman mewakili Kades, dihadiri duta digital Gunawan tokoh masyarakat mantir adat perwakilan Polsek Mantangai dan perangkat desa serta perwakilan BPD setempat. 

Sekdes Arman mengatakan, kegiatan dalam rangka menambah pengetahuan dan wawasan kita memahami tentang dasar-dasar jurnalistik yang disampaikan nara sumber. 

"Sehingga dengan adanya Pelatihan Jurnalistik Desa diharapkan peserta dapat memahami cara menulis membuat berita maupun artikel sesuai etika jurnalistik serta menangkal berita hoax di media sosial," katanya. 

Dikatakannya, banyak program pembangunan desa kemudian dapat dipublikasikan menjadi bahan  informasi berita  untuk kemudian diketahui  masyarakat secara berkelanjutan. 

"Karenanya melalui pelatihan jurnalistik desa diharapkan pula website desa selalu update mengisi berbagai informasi tentang kemajuan pembangunan di desa khususnya di Desa Mantangai ini," ujarnya. 

Ketua Mantir Adat Desa Mantangai Hilir, Gunawan pun menyambut baik kegiatan Pelatihan Jurnalistik untuk menambah pengetahuan bagi peserta. 

Kegiatan serupa Desa Warga Mulya bertempat di Aula Kantor Desa setempat Selasa (25/6/2024) siang juga digelar pelatihan Jurnalistik Desa diikuti PKK Desa Pos Yandu dibuka Sekretaris Desa Solihin mewakili Kades dihadiri perangkat Desa dan Pendamping Lokal Desa. 

"Kita menyambut baik kegiatan ini harapan informasi terkait program pembangunan Desa Cerdas dan website desa dapat berjalan baik," katanya. 

Kegiatan ini diikuti antusias oleh peserta di dua desa tersebut. Adapun narasumber Ahmad Suhaili wartawan senior Kapuas, materi mengenal dasar-dasar jurnalistik dan Akhmat Yanuari Putra (Praktisi Hukum) materi literasi digital dan sanksi hukum.[shl/zulkifli]

Lebih baru Lebih lama