Ribuan Warga Kahayan Hilir Terima Beras dan Migor Gratis dari Pemprov Kalteng

Ribuan Warga Kahayan Hilir Terima Beras dan Migor Gratis dari Pemprov Kalteng

PULANG PISAU - Ribuan masyarakat di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), menerima sembako berupa 10 kilo beras dan 1 liter minyak goreng (migor). 

Beras dan migor yang diterima masyarakat Bumi Handep Hapakat dari gelaran Operasi Pasar Murah yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kalteng (Pemprov Kalteng) dalam rangka menekan inflasi di daerah, Sabtu (29/6/2024) di Halaman Kantor Kecamatan Kahayan Hilir. 

"Pasar murah atau pasar penyeimbang  ini, merupakan instruksi Bapak Presiden harus dilakukan oleh Pemprov dan pemkab serta kota se-Indonesia, upaya menjaga stabilisasi harga pangan," ujar Wagub mewakili Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran. 

Ia mengatakan, dilaksanakannya kegiatan ini dengan harapan warga masyarakat tidak kesulitan dalam mendapatkan komoditi yang cukup tingga harga dipasaran, khususnya beras dan minyak goreng. 

"Kita ketahui bersama sejumlah komoditi berdasarkan data BPS harganya cukup tinggi, misalnya beras, minyak goreng, bawang dan lainnya," sebut Wagub Edy. 

Menurutnya, upaya menjaga stabilitas harga pangan harus dilakukan intervensi teknis dari pemerintah provinsi dan turunannya. 

"Seperti yang kita lakukan ini, Pemprov Kalteng melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng mengelar operasi pasar murah," tukasnya. 

Sementara perlu diketahui, komoditi yang ada di Pasar murah ini seharga Rp 192.500. 

Namun Pemprov Kalteng memberikan subsidi Rp 172.500, kemudian disubsidi lagi Rp 20. 000 oleh Anggota DPD RI H Agustus Sabran, sehingga masyarakat tidak perlu membayar lagi alias gratis. 

Terpisah, Camat Kahayan Hilir, Endra Setiawan menyampaikan, mendapatkan 1500 paket sembako untuk Kahayan Hilir, selanjutnya akan di serahkan ke lurah dan kepala desa yang selanjut disalurkan kepada masyarakat. 

"Kami tentu mengapresiasi Pemprov Kalteng, yang kembali menggelar pasar murah yang akhirnya digratiskan. Semoga hal ini menjadi berkah bagi kita semua," ucap Endra sapaan akrab Camat Kahayan Hilir kepada awak media.[manan]

Lebih baru Lebih lama