Sarana Prasarana Infrastruktur Pendidikan Jadi Perhatian Serius Pj Bupati Kapuas

Sarana Prasarana Infrastruktur Pendidikan Jadi Perhatian Serius Pj Bupati Kapuas

PENJABAT Bupati Kapuas Erlin Hardi hadiri syukuran guru PPPK di Kecamatan Kapuas Timur.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas terus berupaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, lewat pengembangan infrastruktur agar dapat menunjang kualitas dan mutu pendidikan agar terus meningkat. 

Ini tidak terkecuali juga untuk di wilayah Kecamatan Kapuas Timur, sebagaimana disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi, Senin (24/6/2024). 

"Sarana prasarana pendidikan baik ruang kelas, ruang guru, perpustakaan, kursi sekolah  hingga rumah dinas guru inilah yang tentunya menjadi PR kita ke depan dan harus diperhatikan," kata Erlin Hardi, saat menghadiri silaturahmi dan syukuran guru PPPK di Kecamatan Kapuas Timur.

Dilanjutkan Erlin Hardi, Ia sudah menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan menginventarisir sarpras pendidikan yang mana saja yang harus diperbaiki dan dilakukan pembenahan.

"Tahun ini saya minta Kadisdik untuk melakukan pendataan secara menyeluruh terkait kondisi sekolah yang mengalami rusak berat atau rusak sedang," katanya. 

"Nah inI juga kami harapkan nanti koorwil, pengawas juga harus melihat bagaimana kondisi sekolah itu. Bagaimana gurunya, siswanya sarananya seperti apa, ini juga didata agar ini menjadi bahan pertimbangan," tandasnya lagi.

Selain itu, turut jadi perhatian Pj Bupati Erlin Hardi masalah kurangnya tenaga teknis operator di sekolah. 

"Operator ini ke depan menjadi perhatian kita, tetapi.ini juga harus memenuhi syarat jenjangnya sarjana S1. Atau juga outsorsing dan P3K paruh waktu," katanya.

Selain itu pula, sebagai bentuk perhatian kepada kesejahteraan guru, Pemerintah Kabupaten Kapuas telah membuka lowongan formasi guru untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang terbanyak jumlahnya di Kalteng di tahun 2024 ini.

Kendati demikian, kata Erlin, peningkatan kesejahteraan harus berbanding lurus dengan peningkatan kinerja. Supaya kualitas pendidikan di Kabupaten Kapuas semakin baik.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama