Selain Pasar Murah, Pemprov Kalteng Salurkan 65 Ekor Sapi Kurban untuk Pulang Pisau

Selain Pasar Murah, Pemprov Kalteng Salurkan 65 Ekor Sapi Kurban untuk Pulang Pisau

WARGA Desa Tahawa antusias hadiri pasar murah Pemprov Kalteng.| foto : istimewa

PULANG PISAU -  Usai membuka pasar murah di Desa Goha, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) Edy Pratowo melanjutkan penyaluran bantuan 500 paket sembako kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Pulang Pisau yang dipusatkan di halaman Masjid Al-Husna Desa Tahawa Kecamatan Kahayan Tengah, Rabu (12/6/2024).

Wagub memaparkan bahwa kehadiran Pemprov Kalteng tersebut selain melaksanakan pasar murah/pasar penyeimbang dalam rangka menjaga inflasi daerah tahun 2024, sekaligus menyalurkan bantuan hewan kurban kepada masyakat menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Disebutkannya, kegiatan pasar murah/pasar penyeimbang ini rutin dilakukan Pemprov Kalteng sebagai upaya untuk membantu masyarakat di 14 Kabupaten/Kota dalam mendapatkan bahan pokok yang murah.

"Karena harga-harga bahan kebutuhan pokok di pasar menjelang hari-hari besar keagamaan, biasanya mengalami lonjakan kenaikan harga," sebutnya.

Melalui kegiatan pasar murah/pasar penyeimbang ini, pemerintah melakukan intervensi yang sifatnya stimulus untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, untuk Kecamatan Kahayan Tengah sebanyak 500 Paket terdiri dari beras 10 kg dan minyak goreng 1 botol senilai Rp192.500 per paket, disubsidi oleh Pemprov Kalteng sebesar Rp172.500 sehingga masyarakat cukup menebusnya sebesar Rp20.000 saja, namun sisanya yang Rp 20.000 disubsidi kembali oleh Pemprov Kalteng dan Pj Bupati Pulang Pisau sehingga bantuan sembako tersebut dapat diperoleh masyarakat secara gratis.

Diinformasikan, bersamaan dengan kegiatan pasar murah tersebut, Wagub Kalteng juga menyerahkan secara simbolis hewan kurban dua ekor sapi untuk Desa Tahawa, dengan total hewan kurban untuk Kabupaten Pulang Pisau sebanyak 65 ekor sapi yang nantinya akan dibagikan kesemua Kecamatan dan Desa di Kabupaten setempat.[adv]
Lebih baru Lebih lama