Tingkatkan Minat Baca, Disarpustaka Kapuas Gelar Pemilihan Duta Baca

Tingkatkan Minat Baca, Disarpustaka Kapuas Gelar Pemilihan Duta Baca

PEMBUKAAN acara pemilihan duta baca Kabupaten Kapuas 2024 di Rumah Betang Kapuas.| foto : zulkifli 

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas melalui Dinas Kearsipan dan  Perpustakaan (Disarpustaka) mengadakan pemilihan duta baca Kabupaten Kapuas 2024 dengan tema "Budaya Literasi Mencerdaskan dan Mensejahterakan," Kamis (13/6/2024) di Rumah Betang kawasan Lapangan Bukit Ngalangkang Kuala Kapuas.

Acara yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan mengampanyekan budaya literasi di Kabupaten Kapuas ini dibuka Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi dan Bunda Literasi Kabupaten Kapuas, Agustina Sri Rejeki.

Dalam acara tersebut juga dihadiri sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas dan jajaran Disarpustaka serta para finalis duta baca.

Kepala Disarpustaka Kapuas, H. Suwarno Muriyat mengatakan, kegiatan tersebut diikuti 22 peserta dari 9 SLTA sederajat di Kapuas.

"Yang terpilih nanti hanya satu sebagai duta baca, kemudian sebanyak lima nanti ada panelis. Panelis itu nanti untuk mengantisipasi jika duta bacanya berhalangan," kata H. Suwarno.

Dilanjutkan mantan Kadisdik Kapuas ini, selanjutnya ada lima panelis lainnya yang mempunyai tugas yang berbeda beda.

"Ada yang mempunyai kemampuan di bidang digital, buku, pidato dan sebagainya. Sehingga nanti mereka yang terpilih ada 10 orang akan kami berdayakan untuk membantu kami dan bunda literasi dalam membudayakan budaya (gemar) membaca," kata Suwarno.

Menurutnya, tema yang diusung "Literasi mencerdaskan dan mensejahterakan". "Karena dengan membaca orang bisa menjadi sejahtera," imbuhnya. 

Pihaknya berharap para peserta ini nantinya bisa menjadi role model bagi kawan-kawannya di sekolah dalam memanfaatkan bahan  bacaan baik buku, digital dan media sosial mereka bijak memanfaatkannya untuk menjadi orang yang mempunyai budaya literasi," ungkap Suwarno.

Budaya literasi itu lanjutnya adalah dia bisa membaca,  memahami, mengaktifkan dan menerapkan serta mengintegrasikan dalam kehidupan sehari-hari.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama